SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Kualitas Sarana Fisik dan Keaktifan Siswa terhadap Prestasi Belajar Siswa di SMA Islam Terpadu Asy-Syadzili

Ardianti Melinda Dwi

Abstrak


ABSTRAK

Ardianti, M. D. 2019.  Pengaruh Kualitas Sarana Fisik dan Keaktifan Siswa terhadap Prestasi Belajar Siswa di SMA IT Asy-Syadili. Skripsi, Jurusan Pendidikan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang, Pembimbing : Dr. H. CiptoWardoyo, S.E., M.Pd., M.Si., Ak.,CA

Kata Kunci : Kualitas Sarana Fisik, Keaktifan Siswa, dan Prestasi Belajar Siswa

Pendidikan merupakan faktor utama dalam pembentukan pribadi manusia, Pendidikan juga sangat berperan dalam perubahan negeri. Salah faktor yang mendukung keberhasilan program pendidikan dalam proses pembelajaran yaitu sarana dan prasarana. Sarana dan Prasarana pendidikan adalah salah satu sumber daya yang menjadi tolak ukur mutu sekolah dan perlu peningkatan terus menerus seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang cukup canggih. Sarana prasarana adalah salah satu bagian input, sedangkan input merupakan salah satu subsistem. Dalam belajar, bukan hanya dilihat dari Sarana Fisik saja, tingkat Keaktifan Siswa juga sangat menentukan kuat lemahnya ketekunan siswa dalam belajar. Keaktifan siswa dalam belajar dapat dilihat dari keikut sertaannya dalam melaksanakan pembelajaran serta dari presensi kehadiran. Keaktifan siswa yaitu suatu pembelajaran yang mengajak siswa untuk belajar secara aktif. Mereka secara aktif menggunakan otak mereka untuk menemukan ide pokok dari materi pelajaran, memecahkan persoalan atau mengaplikasikan apa yang telah diberikan oleh guru dalam mata pelajaran yang disajikan.

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh kualitas sarana fisik dan keaktifan siswa terhadap prestasi belajar siswa.Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksplanatif. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X, XI, dan XII Jurusan IPS di SMA IT Asy-Syadzili sejumlah 162 dengan sampel penelitian 115 siswa yang diperoleh melalui teknik proportional random sampling.  Jenis data yang digunakan untuk pengukuran variabel kualitas sarana fisik dan keaktifan siswa menggunakan data primer yang diukur menggunakan kuisioner. Sedangkan variabel prestasi belajar menggunakan data sekunder berupa dokumen rata-rata nilai rapor semester genap pada mata pelajaran akuntansi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas sarana fisik berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar siswadengan tingkat sig yaitu0,020 < 0,05, yang artinya semakin tinggi kualitas sarana fisik maka akan semakin tinggi pula prestasi belajar siswa. Sedangkan keaktifan siswa berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar siswadengan tingkat sig 0,042 < 0,05, yang artinya semakin tinggi keaktifan siswa maka semakin tinggi pula prestasi belajar. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa kualitas sarana fisik dan keaktifan siswa yang tinggi akan meningkatkan prestasi belajar siswa.

Berdasarkan hasil penelitian disarankan :

(1) Bagi Sekolah, hendaknya memaksimalkan kualitas sarana fisik secara maksimal karena dapat mendukung meningkatkan prestasi belajar siswa.

(2) Bagi Guru, hendaknya senantiasa memberi motivasi dan membantu siswa dalam membagi waktu bahwa kegiatan belajar di sekolah sama pentingnya dengan kegiatan di pesantren karena pengertian dan motivasi dari guru sangat penting dalam kegiatan belajar mengajar di sekolah.

(3) Bagi penelitilain yang ingin meneliti penelitian sejenis disarankan untuk memperhatikan variabel-variabel lain yang berpengaruh penting dalam meningkatkan prestasi belajar siswa. Variabel lain tersebut pengaruh penggunaan  fasilitas belajar. Peneliti juga dapat meneliti tentang cara belajar siswa di lingkungan pondok pesantren.