SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Peran Aparatur Desa dalam Pencegahan Fraud dan Akuntabilitas Dana Desa Studi Fenomenologi di Desa Tegalrejo Kabupaten Tulungagung

Dyah Ika Oktavia

Abstrak


Kata Kunci: Pencegahan Fraud, Akuntabilitas, Dana Desa

Dana Desa sebagai implementasi dari Undang-undang Nomor 6/2014 tentang Desa memiliki dampak yang lebih besar terhadap kewenangan desa untuk mengelola keuangannya. Fenomena penyalahgunaan Dana Desa mengharuskan pelaksana untuk lebih reaktif dalam mencegah dan mendeteksi potensi fraud Dana Desa agar akuntabilitas sebagai bentuk tata kelola yang baik dapat diwujudkan oleh pemerintahan desa. Pencegahan Fraud tersebut dapat dilihat dari sikap dan tindakan yang dilakukan oleh aparatur desa yang berorientasi pada pengalamannya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif fenomenologi transcendental yang bertujuan untuk mengetahui bagaimana sikap dan tindakan yang dilakukan aparatur desa untuk mencegah terjadinya fraud dan mewujudkan akuntabilitas Dana Desa di desa Tegalrejo.

Hasil penelitian ini menemukan bahwa upaya pencegahan fraud Dana Desa di desa Tegalrejo dimaknai oleh pelaksana dengan berpedoman pada RAB, akan tetapi pada pelaksanaanya pelaksana mengabaikan perilaku moral etis untuk mewujudkan hal tersebut yang dilakukan dengan memanipulasi bukti pendukung dan kenyataan di lapangan. Pelaksana memaknai bahwa penyalahgunaan terjadi ketika pelaksanaan Dana Desa tidak sesuai dengan RAB yang telah ditentukan. Perlunya pembinaan kepada aparatur desa tentang pengendalian internal agar pengawasan tidak hanya berorientasi pada pihak eksternal sehingga tata kelola yang baik dan pencegahan fraud dapat diidentifikasi dari internal pemerintahan desa.