SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) terhadap Profitabilitas Perusahaan Industri Pertambangan Batubara yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode tahun 2013-2017

Ilyas Hardiyana David

Abstrak


 

RINGKASAN

Ilyas, Hardiyana David. 2019.  Pengaruh Pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) terhadap Profitabilitas Perusahaan Industri Pertambangan  Batubara yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode tahun 2013-2017”. Skripsi, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang, Pembimbing: Dr. H. Tuhardjo, S.E., M.Si. ,Ak.

Kata kunci: Corporate social responsibility, Profitabilitas

Perusahaan industri pertambangan batubara merupakan penopang bahan baku produksi listrik nasional Indonesia dan telah menjadi pengekspor batubara kedua terbesar didunia. Untuk menjaga supaya profitabilitasnya tetap meningkat seringkali perusahaan berupaya untuk mengatasi eksternalitas negatif yang dihasilkan dari proses bisnisnya. Keberadaan perusahaan industri pertambangan batubara selalu dihadapkan dengan risiko terhadap pencemaran lingkungan sosial maupun ekologis, sehingga diharapkan perusahaan agar menemukan solusi atas masalah tersebut melalui pengungkapan corporate social responsibility. Kesuksesan suatu korporasi dapat ditentukan dari bagaimana perusahaan memperlakukan stakeholder-nya, karena dukungan dari stakeholder juga akan mempengaruhi kegiatan usaha perusahaan.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengungkapan corporate social responsibility yang diukur dengan standar GRI-G4 terhadap Profitabilitas menggunakan Retur On Assets. Pengungkapan  corporate social responsibility yang semakin baik akan memberikan dampak baik untuk proses bisnis perusahaan dan kepercayaan kepada para stakeholder,  karena dapat meyakinkan para  stakeholder  bahwa operasi bisnis perusahaan industri pertambangan batubara secara normatif telah memberikan keseimbangan. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif. Populasi penelitan ini adalah perusahaan industri pertambangan batubara yang telah go public periode tahun 2013-2017 dengan pengambilan sample purposive sampling. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebesar 14 pengamatan selama 5 tahun dan diuji menggunakan SPSS versi 21.

Hasil dari penelitian ini dengan menggunakan uji parsial membuktikan bahwa pengungkapan corporate social responsibility berpengaruh positif signifikan terhadap profitabilitas perusahaan industri pertambangan batubara. Semakin lengkap tanggungjawab sosial yang diungkapkan perusahaan akan mampu membentuk sinergitas dengan para stakeholder sehingga penciptaan manfaat untuk semua pihak dapat dirasakan. Selanjutnya proses bisnis perusahaan dapat berjalan optimal karena secara kualitas produksi perusahaan lebih baik, sehingga akan meningkatkan nilai jual perusahaan yang berpengaruh pada pertumbuhan profitabilitas perusahan dalam jangka panjang.