SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Sosialisasi Pajak Terhadap Realisasi Penerimaan Pajak Dengan Kepatuhan Wajib Pajak Sebagai Variabel Intervening

Herin Arlinda Yonita Sari

Abstrak


Pembangunan dapat terlaksana sesuai yang direncanakan, apabila penerimaan pajak dapat mencapai target. Banyak faktor yang membuat realisasi penerimaan pajak tidak mencapai target, salah satunya adalah karena sistem pemungutan pajak di Indonesia menganut Self Assessement System yang menguji kejujuran wajib pajak. Peluang tercapainya realisasi penerimaan pajak terbilang besar dan dapat ditingkatkan karena setiap tahun terjadi pertumbuhan penduduk yang dapat berpotensi meningkatkan jumlah wajib pajak terdaftar.

Menurut Theory Planned of Behavior, wajib pajak akan patuh atau tidak dalam kewajibannya di bidang perpajakan dengan mempertimbangkan manfaat dan pengaruh dari tindakannya dalam membayar pajak. Penurunan realisasi penerimaan pajak mengggambarkan bahwa kepatuhan wajib pajak mulai berkurang sehingga wajib pajak tidak melakukan kewajibannya sesuai UU perpajakan. Intensitas sosialisasi pajak diharapkan mampu untuk kemingkatkan kepatuhan wajib pajak karena dapat memberikan informasi terbaru mengenai perpajakan.

Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian kuantitatif eksplanatori. Data penelitian berupa data sekunder selama 5 tahun dari tahun 2004 sampai 2018 dengan teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi. Data tersebut diolah dengan menggunakan analisis jalur (path). Hasil penelitian menunjukan bahwa sosialisasi pajak berpengaruh secara langsung terhadap realisasi penerimaan pajak. selain itu sosialisasi pajak juga ebrpenagruh secara tidak langsung atau berpengaruh melalui kepatuhan wajib pajak terhadap realisasi penerimaan pajak.