SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Locus of Control, Financial Attitude, dan Parental Income Terhadap Financial Management Behavior

Ratnasari Devi

Abstrak


ABSTRAK

Ratnasari, Devi. 2019.  Pengaruh Locus of Control, Financial Attitude, dan Parental Income Terhadap Financial Management Behavior pada Mahasiswa S1 Akuntansi Universitas Negeri Malang. Skripsi. Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang, Pembimbing: Dr. Eka Ananta Sidharta, S.E., M.M., Ak, CA.

Kata Kunci: Financial management behavior, Locus of control, Financial attitude, Parental income

Financial management behavior sangat perlu diterapkan terkait dengan sifat konsumtif di masyarakat dan gaya hidup hedonisme di lingkungan mahasiswa. Financial management behavior dapat menjadi salah satu solusi atas kondisi tersebut sehingga dapat terhindari dari berbagai permasalahan ekonomi. Financial management behavior merupakan kemampuan individu untuk memanfaatkan pengetahuan dan keahlian yang dimiliki dalam mengelola sumber-sumber keuangan secara efektif dalam setiap aspek, seperti penganggaran, pengelolaan, dan penyimpanan keuangan untuk mewujudkan kesejahteraan dalam kehidupan finansial.

Faktor-faktor yang dapat mempengaruhi financial management behavior dalam penelitian ini adalah locus of control, financial attitude dan parental income. Penelitian ini menggunakan populasi dari Mahasiswa S1 Akuntansi Universitas Negeri Malang dan sampel sebanyak 285 responden dengan menggunakan metode simple random sampling. Data diperoleh dari hasil penyebaran kuesioner pada sampel. Rancangan penelitian yang digunakan adalah penelitian eksplanasi. Teknik yang dipakai untuk menganalisis data adalah regresi linier berganda.

Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukan bahwa:

1) locus of control internal berpengaruh positif signifikan terhadap financial management behavior.

2) locus of control eksternal tidak berpengaruh signifikan terhadap financial management behavior.

3) financial attitude berpengaruh positif signifikan terhadap financial management behavior.

4) parental income tidak berpengaruh signifikan terhadap financial management behavior.

Saran yang dapat diterapkan bagi penelitian selanjutnya adalah:

1) sampel penelitian dapat dilakukan pada kelompok masyarakat yang mempunyai pekerjaan dan gaji tetap setiap bulannya.

2) mempertimbangkan faktor faktor psikologis diluar locus of control, seperti financial knowledge, pengalaman keuangan dan sebagainya.

3) dalam menyusun kuesioner perlu diperhatikan penggunaan kata agar mudah dipahami oleh responden dan tidak menimbulkan ambiguitas.

4) memasukan variabel lain yang secara teoritis berpengaruh terhadap financial management behavior atau variabel moderasi untuk lebih menyempurnakan model perilaku keuangan.