SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Kekayaan Daerah, Leverage, dan Belanja Modal terhadap Pengungkapan Informasi Keuangan Pemerintah Daerah melalui Internet

Nathaniel Adrean Danny

Abstrak


Pengaruh Kekayaan Daerah, Leverage, dan Belanja Modal terhadap Pengungkapan Informasi Keuangan Pemerintah Daerah melalui Internet Adrean Danny Nathaniel, S1 Akuntansi

 

ABSTRAK

Nathaniel, Adrean Danny. 2019.  Pengaruh Kekayaan Daerah, Leverage, dan Belanja Modal terhadap Pengungkapan Informasi Keuangan Pemerintah Daerah melalui Internet. Skripsi, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Sawitri Dwi Prastiti, S.E., M.Si., Ak.

Kata Kunci: Kekayaan Daerah, Leverage, Belanja Modal, Pengungkapan Informasi Keuangan Pemerintah Daerah melalui Internet.

Internet financial reporting menyediakan dan menyampaikan informasi mengenai laporan keuangan kepada semua pihak yang masuk ke dalam kategori pemegang kepentingan. Publikasi laporan keuangan melalui internet merupakan sarana yang efektif karena internet adalah media yang dapat diakses oleh siapa saja, kapan saja, dan di mana saja.Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh bukti empiris mengenai sejauh mana kekayaan daerah¸ leverage, dan belanja modal dalam mempengaruhi transparansi pemerintah daerah yang terlihat melalui pengungkapan informasi keuangan melalui internet.

Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode analisis regresi berganda. Populasi penelitian ini adalah pemerintah daerah Kabupaten/Kota di Provinsi Jawa Timur yang berjumlah 38. Sedangkan sampel penelitian berjumlah 28 pemerintah daerah. Data yang pada penelitian ini berasal dari laporan keuangan setiap pemerintah daerah untuk periode 2015 hingga 2017 yang diungkapkan melalui situs resmi daerah.

Hasil penelitian mengindikasikan bahwa kekayaan daerah berpengaruh secara negatif terhadap transparansi pemerintah daerah yang terlihat melalui pengungkapan informasi keuangan melalui internet, sedangkan leverage dan belanja modal tidak berpengaruh. Hasil tersebut menjadi suatu keterbatasan dari penelitian ini. Sehingga penelitian selanjutnya dapat mempertimbangkan faktor non-keuangan seperti latar belakang pemerintah daerah dan jumlah akuntan pemerintah serta faktor keuangan seperti pertumbuhan ekonomi daerah dan kinerja finansial pemerintah daerah untuk digunakan sebagai variabel bebas guna memperoleh hasil yang lebih komprehensif.