SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Kumon terhadap Kemandirian Belajar dan Hasil Belajar Siswa Kelas X AK Pada Mata Pelajaran Akuntansi di SMKN 1 Jatirejo Mojokerto.

Kholidah Lilis Nur

Abstrak


ABSTRAK

Kholidah, Lilis Nur. 2019. Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Kumon terhadap Kemandirian Belajar dan Hasil Belajar Siswa Kelas X AK Pada Mata Pelajaran Akuntansi di SMKN 1 Jatirejo Mojokerto. Skripsi. Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. H. Cipto Wardoyo, S.E., M.Pd, M.Si. Ak., CA

Kata Kunci: Kumon, Kemandirian Belajar, Hasil Belajar.

Saat ini terdapat banyak metode pembelajaran yang dapat memberikan kondisi belajar aktif kepada siswa agar tujuan pembelajaran dapat tercapai secara maksimal. Salah satunya adalah metode pembelajaran Kumon. Metode pembelajaran Kumon adalah metode pembelajaran yang digunakan untuk mewujudkan kegiatan pembelajaran yang berpusat pada siswa. Guru tidak mentransfer pengetahuan melainkan membantu siswa membentuk pengetahuannya sendiri. Tugas guru lebih kepada membantu agar proses pengosntruksian pengetahuan oleh siswa berjalan lancar sehingga diharapkan pembelajaran menjadi lebih bermakna bagi siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penerapan metode Kumon efektif dalam meningkatkan kemandirian belajar dan hasil belajar siswa kelas X AK pada mata pelajaran akuntansi di SMKN 1 Jatirejo Mojokerto.

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen yang dirancang dengan bentuk quasi eksperiment. Populasi dalam penelitian ini meliputi seluruh siswa kelas X Akuntansi di SMKN 1 Jatirejo Mojokerto yang berjumlah 98 siswa. Sampel penelitian adalah siswa kelas X AK 1 sebagai kelas eksperimen dan X AK 2 sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data menggunakan pretest posttest dan angket kemandirian belajar. Data analisis dengan menggunakan bantuan program SPSS 21 for Windows.

Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran Kumon pada kelas eksperimen lebih berpengaruh dalam meningkatkan kemandirian belajar dan hasil belajar siswa dari pada metode pembelajaran konvensional pada kelas kontrol di kelas X AK pada mata pelajaran akuntansi di SMKN 1 Jatirejo Mojokerto.

Berdasarkan penelitian ini disarankan bagi sekolah dapat dijadikan sebagai alternatif dalam proses pelaksanaan pembelajaran di sekolah; bagi guru dapat dijadikan sebagai alternatif pembelajaran karena terbukti dapat memberikan hasil belajar yang lebih baik bagi siswa; bagi siswa diharapkan dapat berperan aktif dalam pembelajaran. Selain itu penelitian ini dapat dikembangkan menjadi penelitian kualitatif dengan menggunakan teknik observasi/wawancara sehingga diperoleh hasil data yang lebih mendalam dan valid.