SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Akuntabilitas Pengelolaan Keuangan Desa (ADD) Berdasarkan Kualitas Sumber Daya Manusia Aparatur pada Desa Batangsaren, Kabupaten Tulungagung

Tina Astarina Safitri

Abstrak


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui akuntabilitas pengelolaan keuangan desa (ADD) pada Desa Batangsaren dengan memperhatikan aspek kualitas sumber daya manusia aparatur desa. Akuntabilitas sangat diperlukan demi kelangsungan hidup suatu pemerintahan agar tetap mendapat kepercayaan dan legitimasi baik dari masyarakat maupun otoritas yang lebih tinggi. Untuk mewujudkan akuntabilitas pengelolaan keuangan desa, penting bagi desa untuk memiliki aparatur desa yang berkualitas. Namun rendahnya kualitas sumber daya manusia dapat menjadi kendala bagi terwujudnya akuntabilitas.

Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data diperoleh melalui metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif kualitatif.

Setelah dilakukan penelitian, dapat disimpulkan bahwa secara garis besar pemerintah Desa Batangsaren dapat memenuhi akuntabilitas vertikal karena pengelolaan keuangan desa (ADD) dilaksanakan sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku meskipun masih terdapat kekurangan terkait administrasi pelaporan dan keterlambatan pelaporan. Sedangkan akuntabilitas horizontal belum terwujud. Keterlibatan masyarakat dalam proses pengambilan keputusan masih relatif rendah. Pemanfaatan dana ADD juga tidak sesuai dengan peruntukkannya. Pelaporan dan pertanggungjawaban hanya diwujudkan melalui pemasangan banner dan website desa yang pemanfaatannya kurang optimal. Beberapa kekurangan tersebut terjadi karena terdapat kendala terkait kualitas sumber daya manusia aparatur desa seperti latar belakang pendidikan yang tidak relevan, kurangnya pelatihan dan kurangnya pengalaman dalam mengelola keuangan desa serta dalam menghadapi perubahan anggaran.