SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Pendidikan Ekonomi dalam Keluarga, Modernitas, Keterampilan membuat Skala Prioritas, dan Pengetahuan tentang Perilaku Konsumen Terhadap Efisiensi Pengelolaan Uang Saku Siswa

Alvyana Della

Abstrak


RINGKASAN

Alvyana, Della. 2019.  Pengaruh Pendidikan Ekonomi dalam Keluarga, Modernitas, Keterampilan membuat Skala Prioritas, dan Pengetahuan tentang Perilaku Konsumen terhadap Efisiensi Pengelolaan Uang Saku Siswa. Skripsi. Jurusan Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. Hari Wahyono, M.Pd.

Kata Kunci: pendidikan ekonomi, modernitas, skala prioritas, perilaku konsumen, pengelolaan uang saku

Efisiensi pengelolaan uang saku siswa digunakan sebagai ukuran untuk mengetahui seberapa jauh siswa dapat memanfaatkan uang saku sebaik mungkin dengan memperhatikan pemasukan dan pengeluaran. Efisiensi pengelolaan uang saku siswa tersebut dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor, seperti pendidikan ekonomi dalam keluarga, modernitas, keterampilan membuat skala prioritas, dan pengetahuan tentang perilaku konsumen. Maka, perlu dilakukan penelitian mengenai efisiensi pengelolaan uang saku siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui:

(1) pengaruh pendidikan ekonomi dalam keluarga terhadap efisiensi pengelolaan uang saku siswa,

(2) pengaruh modernitas terhadap efisiensi pengelolaan uang saku siswa ,

(3) pengaruh keterampilan membuat skala prioritas terhadap efisiensi pengelolaan uang saku siswa,

(4) pengaruh pengetahuan tentang perilaku konsumen terhadap efisiensi pengelolaan uang saku siswa, dan

(5) pengaruh pendidikan ekonomi dalam keluarga, modernitas, keterampilan membuat skala prioritas, dan pengetahuan tentang perilaku konsumen terhadap efisiensi pengelolaan uang saku siswa.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksplanasi. Jumlah populasi dan sampeldalam penelitian ini sebanyak 95 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket dan tes hasil belajar. Analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda dengan program IBM SPSS Statistics 23.

Berdasarkan hasil analisis, maka dapat ditarik simpulan bahwa:

(1) pendidikan ekonomi dalam keluarga berpengaruh terhadap efisiensi pengelolaan uang saku siswa,

(2) modernitas berpengaruh terhadap efisiensi pengelolaan uang saku siswa,

(3) keterampilan membuat skala prioritas berpengaruh terhadap efisiensi pengelolaan uang saku siswa,

(4) pengetahuan tentang perilaku konsumen berpengaruh terhadap efisiensi pengelolaan uang saku siswa, dan

(5) pendidikan ekonomi dalam keluarga, modernitas, keterampilan membuat skala prioritas, dan pengetahuan tentang perilaku konsumen berpengaruh terhadap efisiensi pengelolaan uang saku siswa.

Di dalam penelitian ini, penulis memberikan saran kepada:

(1) guru kewirausahaan agar memberikan pengetahuan tentang penyusunan skala prioritas dan pengetahuan tentang perilaku konsumen disertai ncontoh nayata agar siswa mudah memahami dan menerapkannya,

(2) peneliti selanjutnya agar melakukan penelitian mengenai faktor-faktor lain yang mempengaruhi efisiensi pengelolaan uang saku siswa.

 

SUMMARY

Alvyana, Della. 2019. The Influence of Economic Education in Family, Modernity, Competence in Making a Priority Scale, and Knowledge about Consumer Behaviour toward Student's Allowance Management Efficiency. Sarjana’s Thesis. Department of Economics Development. Faculty of Economics. Universitas Negeri Malang. Advisor: Dr. Hari Wahyono, M.Pd.

Keywords: economic education, modernity, priority scale, consumer behaviour, allowance management.

Student's allowance management efficiency used as a measurement to identify how far the student utilize their allowance as good as possible in noticing their income and outcome. Student's allowance management efficiency can be influenced by some factors, alike competence in making a priority scale and knowledge about consumer behaviour. As those factors mentioned, it is a need to examine student's allowance management efficiency. This research aims to disclose:

(1) the influence of economic education in the family toward student's allowance management efficiency,

(2) the influence of modernity toward student's allowance management efficiency,

(3) the influence of making a priority scale toward student's allowance management efficiency,

(4) the influence of knowledge about consumer behaviour toward student's allowance management efficiency, and

(5) the influence of economic education in family, modernity, competence in making a priority scale, and knowledge about consumer behaviour toward student's allowance management efficiency.

This research used quantitative approach with explanation method. The population and sample of this research are 95 students. Data collection technique used questionnaire and study result test. Data analysis that used on this research is multiple linear regression analysis with IBM SPSS Statistics 23 program.

Based on analysis result, researcher can conclude that:

(1) economic education in the family is influencing student's allowance management efficiency,

(2) modernity is influencing student's allowance management efficiency,

(3) competence in making a priority scale is influencing student's allowance management efficiency,

(4) knowledge about consumer behaviour is influencing student's allowance management efficiency,

(5) economic education in the family, modernity, competence in making a priority scale, and knowledge about consumer behaviour are influencing student's allowance management efficiency.

Researcher suggests some recommendations as follows:

(1) entrepreneurship teacher to covey a knowledge about constructing a priority scale and knowledge about consumer behaviour including the real examples in order for the students to understand and apply it easily,

(2) the next reseracher to examine other factors that influence student's allowance management efficiency.