SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengukuran Hasil Belajar dengan Self Efficacy dan Lingkungan Belajar yang Dimediasi Oleh Motivasi Belajar Siswa

Fitriani Diah

Abstrak


ABSTRAK

Fitriani, Diah. 2019.  Pengukuran Hasil Belajar dengan Self Efficacy dan Lingkungan Belajar yang Dimediasi Oleh Motivasi Belajar Siswa. Skripsi, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. Cipto Wardoyo, S.E, M.Pd, M.Si. Ak, CA

Kata Kunci: Self Efficacy, Lingkungan Belajar, Motivasi Belajar Siswa, Hasil Belajar

Hasil belajar merupakan bentuk pencapaian siswa setelah melalui berbagai tahapan dalam proses belajar dan dapat digunakan untuk mengetahui sejauh mana keberhasilan atau kegagalan siswa dalam belajar. Keberhasilan suatu proses pembelajaran itu sendiri dipengaruhi oleh banyak faktor. Dalam penelitian ini faktor yang mempengaruhi hasil belajar adalah self efficacy dan lingkungan belajar serta menggunakan motivasi belajar siswa sebagai variabel intervening. Penelitian ini dilakukan karena adanya research gap dari hasil penelitian terdahulu salah satunya yang dilakukan oleh Rosyida, dkk (2016:89) yang menyatakan bahwa “self efficacy secara signifikan berpengaruh terhadap hasil belajar siswa”. Namun berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Djamil dan Sitanggang (2017:46) menyatakan hal yang berbeda yaitu “self efficacy tidak berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar siswa SMA Negeri 7 Kota Bekasi”.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan termasuk jenis penelitian eksplanatif (explanatory research). Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X perbankan di SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi dengan jumlah 69 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampling jenuh (sensus) yakni menggunakan seluruh jumlah populasi sebagai sampel penelitian sehingga diperoleh jumlah sampel 69 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan angket untuk mencari data tentang self efficacy, lingkungan belajar, dan motivasi belajar siswa, sedangkan dokumentasi untuk mengambil data hasil belajar siswa. Analisis data menggunakan regresi linear berganda dan analisis jalur (path analysis) dengan bantuan program SPSS Statistics 16 for Windows.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa:

(1) terdapat pengaruh antara self efficacy terhadap hasil belajar,

(2) terdapat pengaruh antara lingkungan belajar terhadap hasil belajar,

(3) terdapat pengaruh antara motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar,

(4) terdapat pengaruh tidak langsung antara self efficacy terhadap hasil belajar melalui motivasi belajar siswa,

(5) terdapat pengaruh tidak langsung antara lingkungan belajar terhadap hasil belajar melalui motivasi belajar siswa. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penelitian ini berhasil mengkonfirmasi teori kognitif sosial dalam menjelaskan pengaruh self efficacy, dan lingkungan belajar terhadap hasil belajar melalui motivasi belajar siswa. Teori ini menjelaskan bahwa faktor sosial/lingkungan, person/kognitif, dan perilaku individu saling berinteraksi dalam proses pembelajaran.. Saran yang berkaitan dengan penelitian ini yaitu bagi peneliti selanjutnya yaitu hasil belajar yang digunakan sebaiknya disamakan dengan periode penyebaran kuesioner yaitu menggunakan nilai Ulangan Tengah Semester genap.