SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan E-Modul Akuntansi Materi Piutang Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di SMK Negeri 1 Boyolangu

Sya'anin Anggi Nurmalia

Abstrak


ABSTRAK

Sya’anin, Anggi Nurmalia. 2019.  Pengembangan E-Modul Akuntansi Materi Piutang Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di SMK Negeri 1 Boyolangu. Skripsi, Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Suparti, M.P

Kata Kunci: Pengembangan, E-Modul, Akuntansi, Hasil Belajar

Modul merupakan salah satu bentuk bahan ajar yang dikemas secara utuh dan sistematis, didalamnya memuat seperangkat pengalaman belajar yang terencana dan didesain untuk membantu peserta didik menguasai tujuan belajar yang spesifik. Komponen e-modul dan modul cetak sama, yaitu materi dan evaluasi pembelajaran. Namun dalam e-modul pengemasan materi pembelajaran dalam bentuk elektronik yang biasanya memuat animasi, video dan audio. Berdasarkan observasi dan wawancara memperoleh hasil bahwa bahan ajar yang digunakan dalam pembelajaran kelas XI adalah modul cetak akuntansi KTSP 2006. Bahan ajar sudah tersedia namun belum sesuai dengan kebutuhan,  sehingga e-modul sangat diperlukan untuk menunjang pembelajaran kurikulum 2013 mengingat bahwa siswa memiliki kebutuhan pembelajaran inovatif untuk melengkapi pembelajaran konvensional, perkembangan teknologi informasi, ketersediaan sarana dan prasarana laboratorium komputer dan kemudahan akses internet, serta SDM yang cukup memadai.

Penelitian dan pengembangan ini bertujuan mengembangkan dan menguji kelayakan e-modul, serta untuk mengetahui respon pengguna terhadap e-modul yang dikembangkan dan menguji keefektifan e-modul dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Diharapkan dengan adanya e-modul yang bersifat interaktif dapat membantu peserta didik untuk mengkonstruk pengetahuannya secara mandiri dan aktif serta dengan sedikit bantuan guru. Model pengembangan yang digunakan pada penelitian ini adalah model ADDIE tahun 2009, yang terdiri dari analysis, design, development, implementation, evaluation. E-modul diuji cobakan kepada siswa kelas XI Akuntansi 4 SMK Negeri 1 Boyolangu. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kuantitatif dan kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, angket, wawancara dan tes berupa soal pretest  dan posttest. Teknik analisis data yang digunakan adalah berdasarkan uji kelayakan menggunakan tanggapan ahli materi, ahli media dan pengguna sedangkan berdasarkan uji keefektifan menggunakan uji normalitas dan paired sample t test.

Produk yang dihasilkan adalah E-Modul Akuntansi Materi Piutang yang dikemas dalam bentuk website. Hasil penelitian ini menunjukkan hasil rata-rata validasi materi sebesar 95% dengan tiga aspek penilaian, hasil rata-rata validasi media sebesar 99% dengan empat aspek penilaian, dan hasil rata-rata dari uji validasi pengguna sebesar 87% dengan enam aspek penilaian. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa e-modul ini layak dan dapat digunakan saat proses pembelajaran. Berdasarkan uji keefektifan menggunakan uji normalitas bahwa asymp. sig. (2-tailed) untuk pretest adalah 0,127 > 0,05 dan untuk posttest adalah 0,106 > 0,05. Nilai pretest dan posttest menunjukkan signifikansi yang lebih besar dari signifikansi 0,05 sehingga dapat disimpulkan nilai sudah berdistribusi normal dan dapat dilakukan uji t berpasangan (paired sampel t-test). Berdasarkan paired sample t test diperoleh hasil sig. 2-tailed 0,000 < 0,05. Dengan demiikian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan, sehingga dengan penggunaan e-modul dikatakan memberikan pengaruh dan efektif. Manfaat dari e-modul dapat membuat peserta didik belajar mandiri dan guru sebagai fasilitator. Saran untuk pengembangan lebih lanjut adalah mengembangkan e-modul dengan menggunakan materi yang lain dan lebih lengkap untuk dapat digunakan pada pembelajaran, mengembangkan e-modul  dengan tampilan yang lebih menarik untuk menambah motivasi peserta didik dan menambah variasi soal dalam uji efektivitas produk.