SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Persepsi Siswa tentang Kompetensi Pedagogik, Kompetensi Profesional Guru dan Self Efficcacy terhadap Prestasi Belajar Akuntansi dengan Motivasi Belajar sebagai Variabel Moderasi

Afandi Yevie Nabella

Abstrak


ABSTRAK

Afandi, Yevie Nabella. 2019.  Pengaruh Persepsi Siswa tentang Kompetensi Pedagogik, Kompetensi Profesional Guru dan Self Efficcacy terhadap Prestasi Belajar Akuntansi dengan Motivasi Belajar sebagai Variabel Moderasi. Skripsi. Program Studi Pendidikan Akuntansi, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. H. Tuhardjo, S.E., M.Si., Ak.

Kata kunci: Persepsi Siswa tentang Kompetensi Pedagogik, Persepsi Siswa tentang Kompetensi Profesional guru, Self Efficacy, Motivasi Belajar dan Prestasi Belajar

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui:

(1) Apakah terdapat pengaruh positif dan signifikan persepsi siswa tentang kompetensi pedagogik terhadap prestasi belajar akuntansi;

(2) Apakah motivasi belajar dapat memperkuat pengaruh persepsi siswa tentang kompetensi pedagogik terhadap prestasi belajar akuntansi;

(3) Apakah terdapat pengaruh positif dan signifikan persepsi siswa tentang kompetensi profesional guru terhadap prestasi belajar akuntansi;

(4) Apakah motivasi belajar dapat memperkuat pengaruh persepsi siswa tentang kompetensi profesional guru terhadap prestasi belajar akuntansi;

(5) Apakah terdapat pengaruh positif dan signifikan self efficacy terhadap prestasi belajar akuntansi;

(6) Apakah motivasi belajar dapat memperkuat pengaruh self efficacy terhadap prestasi belajar akuntansi.

Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan desain Explanation Research. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa:

(1) Persepsi siswa tentang kompetensi pedagogik berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar akuntansi;

(2) Motivasi belajar tidak memoderasi pengaruh persepsi siswa tentang kompetensi pedagogik guru terhadap prestasi belajar akuntansi;

(3) Persepsi siswa tentang kompetensi profesional terhadap prestasi belajar akuntansi berpengaruh positif dan signifikan;

(4) Motivasi belajar tidak memoderasi pengaruh persepsi siswa tentang kompetensi profesional guru terhadap prestasi belajar akuntansi;

(5) self efficacy berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar;

(6) Motivasi belajar memoderasi pengaruh self efficcay terhadap prestasi belajar.