SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Implementasi Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Di SMK Muhammadiyah

Purwati

Abstrak


ABSTRAK

Purwati, .2019.  Implementasi Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Di SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen. Skripsi, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang, Pembimbing Dr.H.Tuhardjo,S.E, M.Si, Ak.

Kata kunci: Discovery Learning, Motivasi Belajar, dan Hasil Belajar Siswa.

Berdasarkan hasil observasi awal bahwa Sekolah Menengah Kejuruhan menggunakan kurikulum 2013 untuk acuan pembelajaran. Namun aktivitas pembelajaran yang berlangsung masih tampak cenderung pasif. Siswa yang belajar dikelas terlihat hanya mendengar,mencatat penjelasan dari guru, kemudian mengerjakan soal. Pertanyaan dan keberanian siswa dalam mengemukakan pendapat masih rendah. Pada saat observasi yang dilakukan peneliti menemukan 5 siswa yang terlihat aktif bertanya dan berpendapat saat kegiatan pembelajaran berlangsung dan di sisi lain motivasi siswa juga masih rendah. Hasil wawancara Guru mata pelajaran, menuturkan bahwa masalah yang terjadi dikelas tersebut disebabkan bahwa siswa menganggap pelajaran akuntansi dasar sulit. Guru juga mengungkapkan bahwa materi yang telah diberikan hanya diperoleh oleh beberapa siswa yang telah paham pada materi tersebut. Hal ini dikuatkan dengan nilai tes siswa mayoritas siswa masih mendapatkan nilai dibawah KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) yaitu 60% siswa.Untuk mengatasi hal tersebut, diperlukan model pembelajaran yang dapat meningkatkan motivasi belajar siswa sehingga hasil belajar juga mengalami perbaikan. Model pembelajaran yang diterapkan pada kurikulum 2013 adalah model pembelajaran saintifik dengan model discovery learning.

Pendekatan penelitian ini yaitu kualitatif dengan jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Tahapan pelaksanaan meliputi perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi, teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, tes, catatan lapangan, angket, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah mereduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Subjek yang diteliti berjumlah 34 siswa.

Hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan peneliti, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran discovery learning, terbukti bahwa pada siklus I pada keterlaksanaan pembelajaran discovery learning memiliki rata-rata 72,5%. Hasil belajar siswa 41% siswa mendapat nilai kurang baik dan 9% siswa memiliki sangat kurang 50% siswa memiliki nilai sanagat baik. Hasil angket motivasi siswa memliki presentase 76,70% dinyatakan bahwa motivasi siswa baik. Pada siklus II keterlaksanaan hasil belajar memiliki rata-rata 86,2%. Hasil belajar siswa 6% siswa memiliki nilai sangat kurang, 6% siswa memiliki nilai kurang dan 88% siswa memiliki nilai sangat baik. Untuk hasil angket motivasi belajar siswa memiliki presentase 80,05%. Dinyatakan bahwa motivasi siswa sangat baik.

Setelah melaksanakan penelitian dan mengsilkan temuan pada penelitian, peneliti menyarankan bahwa:

1) Guru diharapkan data mengorganisasikan mengorganisasikan waktu dengan tepat karena model pembelajaran discovery learning membutuhkan waktu lama,

2) peneliti selanjutnaya hendakanya melakukan penelitian dengan model serupa tapi dengan materi dan subjek yang berbeda

3) sekolah hendaknya mempertimbangkan model pembeljaran ini sebagai satu upaya perbaikan proses belajar mengajar.