SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Dilema Akuntabilitas Keuangan Laporan Pertanggungjawaban Keuangan Organisasi Mahasiswa (Studi Multi Situs pada Dua Universitas di Malang)

Nandana Rifqi Maulana

Abstrak


 

Creative accounting menjadi topik yang sering dikaitkan sebagai skandal pada isu-isu terkait laporan keuangan. Creative accounting sendiri sering diartikan negatif karena dianggap sebagai bentuk fraud terhadap laporan keuangan. Di lingkungan perguruan tinggi sebagai organisasi sektor publik juga terjadi praktik fraud serupa. Praktik tersebut salah satunya ditemukan di lingkup organisasi mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap praktik serta dilema organisasi mahasiswa dalam pembuatan dan pelaporan laporan pertanggungjawaban. Peneliti menggunakan teori creative accunting dan fraud triangle theory.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus rancangan studi multi situs. Penelitian dilakukan di dua organisasi mahasiswa pemerintahan di dua universitas di Malang dengan melakukan observasi tak langsung, wawancara dengan ketua serta bendahara organisasi mahasiswa, dan dokumentasi. Teknik analisis menggunakan lintas kasus.

Berdasarkan hasil temuan serta analisis, diketahui bahwa organisasi mahasiswa di dua universitas melakukan praktik creative accounting yang menunjukkan adanya fraud yang dianalisis dengan fraud triangle theory.  Berdasarkan fraud tree praktik yang dilakukan organisasi mahasiswa tergolong kecurangan pada laporan keuangan. Praktik yang dilakukan organisasi mahasiswa dilakukan dengan alasan peraturan terkait laporan pertanggung jawaban.