SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

KESIAPAN MENJADI GURU ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0 DI JURUSAN AKUNTANSI DITINJAU DARI PERSEPSI TENTANG PROFESI GURU, LOCUS OF CONTROL, PENGALAMAN KPL, DAN LINGKUNGAN SOSIAL SEBAGAI VARIABEL MODERASI

Ekki Septian Putra

Abstrak


KESIAPAN MENJADI GURU ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0 DI JURUSAN AKUNTANSI DITINJAU DARI PERSEPSI TENTANG PROFESI GURU,  LOCUS OF CONTROL, PENGALAMAN KPL, DAN LINGKUNGAN SOSIAL SEBAGAI VARIABEL MODERASI

Ekki Septian Putra, Universitas Negeri Malang

E-mail: ekkiseptianalvian@gmail.com

ABSTRAK: Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan adanya pengaruh positif signifikan antara persepsi tentang profesi guru, locus of control, pengalaman KPL terhadap kesiapan mahasiswa menjadi guru era revolusi industri 4.0 dengan lingkungan sosial sebagai variabel moderasi. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 139 mahasiswa dengan sampel sebanyak 103 mahasiswa dari 4 kelas  S1 Pendidikan Akuntansi. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teknik Proportional random sampling. Uji yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji validitas, uji reabilitas, uji asumsi klasik, dan uji MRA. Hasil analisis data dengan uji Moderated Regression Analysis (MRA) menunjukkan bahwa:

1) persepsi tentang profesi guru berpengaruh positif signifikan terhadap kesiapan mahasiswa menjadi guru era revolusi industri 4.0;

2) locus of control berpengaruh positif signifikan terhadap kesiapan mahasiwa menjadi guru era revolusi industri 4.0;

3) Pengalaman KPL berpengaruh positif signifikan terhadap kesiapan mahasiswa menjadi guru era revolusi industri 4.0;

4) lingkungan sosial memperkuat pengaruh persepsi tentang profesi guru terhadap kesiapan mahasiswa menjadi guru era revolusi industri 4.0;

5) lingkungan sosial memperkuat pengaruh locus of control  terhadap kesiapan mahasiswa menjadi guru era revolusi industri 4.0;

6) lingkungan sosial memperkuat pengaruh pengalaman KPL terhadap kesiapan mahasiswa menjadi guru era revolusi industri 4.0;

7) lingkungan sosial berpengaruh positif signifikan terhadap kesiapan mahasiswa menjadi guru era revolusi industri 4.0.

Kata Kunci: Kesiapan Mahasiswa menjadi Guru Era Revolusi Industri 4.0, Persepsi tentang Profesi Guru, Locus of Control, Pengalaman KPL, Lingkungan Sosial

 

ABSTRACT: This study aims to explain the significant positive influence between perceptions of the teaching profession, locus of control, KPL experience on the readiness of students to become teachers of the fourth industrial revolution era with social environment as a moderating variable. This research use  quantitative research. The populations of this research  are 139 students and the sample are 103 students from 4 Accounting Education S1 class. The sampling technique used a proportional random sampling technique. The test used in this study is validity test, reliability test, classic assumption test, and MRA test. The results of Moderated Regression Analysis (MRA) test show that:

1) perceptions of the teacher profession has a significant positive effect on the readiness of students to become teachers of the fourth industrial revolution era;

2) locus of control has a significant positive effect on the readiness of students to become teachers of the fourth industrial revolution era;

3) The KPL experience has a significant positive effect on the readiness of students to become teachers of the fourth industrial revolution era;

4) the social environment strengthens the influence of perceptions about the teacher profession on the readiness of students to become teachers of the fourth industrial revolution era;

5) social environment strengthens the influence of locus of control on the readiness of students to become teachers of the fourth industrial revolution era;

6) the social environment strengthens the influence of the KPL experience the readiness of students to become teachers of the fourth industrial revolution era of;

7) the social environment has a significant positive effect on the readiness of students to become teachers of the fourth industrial revolution era.

Keywords: Readiness of Students to be a Teacher of the Fourth Industrial  Revolution Era, Perception abaout Teacher Profession, Locus of Control, KPL Experience, Sosial Environtment