SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh self efficacy terhadap prestasi mahasiswa pendidikan akuntansi angkatan 2016 melalui kepribadian proaktif sebagai variabel intervening

Widyawati Galih Rizki

Abstrak


Widyawati, Galih Rizki. 2019.  Pengaruh self efficacy terhadap prestasi mahasiswa pendidikan akuntansi angkatan 2016 melalui kepribadian proaktif sebagai variabel intervening. Skripsi, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negri Malang. Pembimbing: Dr. H Tuhardjo, SE., M.Si., Ak.

Kata Kunci: self efficacy, kepriabadian proaktif, prestasi

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh langsung dan pengaruh tidak langsung self efficacy terhadap prestasi mahasiswa pendidikan akuntansi angkatan 2016 dengan kepribadian proaktif sebagai variabel intervening. Salah satu faktor internal yang dapat mempengaruhi prestasi adalah self efficacy/keyakinan. Self efficacy merupakan keyakinan yang dimiliki seseorang sebagai dasar pilihan peilaku. Tidak hanya Self efficacy yang dapat mempengaruhi prestasi, namun kepribadian proaktif juga dapat mempengaruhi kinerja seseorang sehingga akan berpengaruh terhadap hasil akhir yaitu prestasi. Kepribadian proaktif merupakan kepribadian yang positif yang memiliki sikap bertanggung jawab, inisiatif dan solutif. Self efficacy memiliki hubungan positif signifikan dengan kepriabdian proaktif,  jika self efficacy tinggi maka kepriabadian proaktif tinggi begitupun sebaliknya.

Penelitian ini termasuk jenis penelitian eksplanasi. Metode analisis data menggunakan analisis jalur (Path analysis). Sampel yang digunakan yaitu mahasiswa pendidikan akuntansi angkatan 2016 Universitas Negeri Malang sebanyak 106 responden. Pengambilan sampel menggunakan propotional radom samppling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket.

Hasil penelitian menunjukan bahwa self efficacy berpengaruh negatif terhadap prestasi mahasiswa pendidikan akuntansi angkatan 2016. Hal tersebut dapat dikarenakan,

a) mahasiswa terlalu percaya diri (overconvidence) akan dapat mengerjakan tugas pada matakuliah tertentu, sehingga menimbulkan kebiasaan belajar yang kurang baik,

b) keyakinan akan kemampuan diri yang kurang dalam mengerjakan tugas pada semua matakuliah yang sedang diambil. Self efficacy memiliki  pengaruh positif signifikan terhadap kepribadian proaktif mahasiswa pendidikan akuntansi angkatan 2016. Kepribadian proaktif berpengaruh positif signifikan terhadap prestasi mahasiswa pendidikan akunatansi angkatan 2016. Self efficacy berpengaruh tidak langsung terhadap prestasi mahasiswa pendidikan akunatansi angkatan 2016 dengan kepribadian proaktif sebagai variabel intervening. Saran peneliti:

(1) bagi dosen yaitu menegur atau mengingatkan perilaku mahasiswa yang terlihat terlalu percaya diri dan dapat menjadikan mahasiswa memiliki sikap yang proaktif dengan cara selalu memberikan motivasi kepada mahasiswa agar terus belajar dan tidak mudah puas maupun putus asa.

(2) bagi mahsiswa yang memilki prestasi tinggi diharapkan dapat mempertahankan prestasinya dengan cara selalu belajar dan tetap rendah hati. Untuk mahasiswa yang memiliki prestasi kurang diharapkan dapat lebih meyakini kemampuan yang dimiliki dan membiasakan diri belajar dengan lebih baik agar dapat meningkatakan prestasi belajarnya.

(3) bagi peneliti selanjutnya yaitu merekomendasikan untuk menambah instrumen dan menambah faktor yang mempengaruhi prestasi mahasiswa.