SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Upaya Peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Melalui Retribusi Daerah Pada Dinas Pendapatan Kabupaten Probolinggo.

Sapi'udin . .

Abstrak


ABSTRAK

Sapi’udin.2010. Upaya Peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Melalui Retribusi Daerah Pada Dinas Pendapatan Kabupaten Probolinggo. Tugas Akhir Jurusan Akuntansi, Program Diploma Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Yuli Widi Astuti, SE, M.Si, AK.

Kata Kunci: Retribusi Daerah, Pendapatan Asli Daerah

Sesuai dengan amanat perubahan UUD 1945 yang tertuang dalam pasal 18 ayat (2) pemerintah daerah berwenang untuk mengatur dan mengurus sendiri urusan pemerintahan menurut asas otonomi dan tugas pembantuan. Undang-undang no.32 tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah adalah salah satu landasan yuridis bagi pengembangan otonomi daerah di Indonesia. Dengan adanya otonomi daerah, Kabupaten Probolinggo diserahi tugas untuk menggali potensi daerahnya sendiri. Awal menuju otonomi daerah yaitu dengan ditetapkannya seperangkat undang-undang, diantaranya Undang-Undang Republik Indonesia No 34 Tahun 2000 yaitu tentang pajak Daerah dan Retribusi Daerah. Dinas Pendapatan Kabupaten Probolinggo adalah salah satu instansi yang ditunjuk Pemerintah Daerah untuk pembayaran pungutan yang salah satunya berasal dari Retribusi Daerah.

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan upaya Dinas Pendapatan Daerah dalam meningkatkan penerimaan Retribusi Daerah sebagai sumber Pendapatan Asli Daerah. Untuk mendapatkan jawaban, maka diperlukan data target dan realisasi Pendapatan Asli Daerah mulai tahun 2006-2009. Pengambilan data dilakukan dengan teknik dokumentasi dan wawancara, sedangkan metode pemecahan masalah yang digunakan yaitu dengan pendekatan deskriptif.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa upaya untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah melalui Retribusi Daerah pada Kabupaten Probolinggo yaitu dengan cara: Intensifikasi yang terdiri dari : meningkatkan sumber daya manusia, meningkatkan sarana dan fasilitas pendukung, mengintensifkan pengawasan, melakukan penagihan, dan Ekstensifikasi yang terdiri dari: koordinasi dengan instansi terkait dan melakukan pendataan ulang. Adapun saran-saran yang dapat digunakan sebagai pertimbangan dalam rangka meningkatkan penerimaan Retribusi Daerah pada Dinas Pendapatan Daerah Kabupaten Probolinggo adalah pemberian sanksi tegas terhadap petugas retribusi yang nakal, tidak memberi pelayanan kepada wajib retribusi yang bermasalah dengan Dinas Pendapatan dan gencar melakukan penyuluhan dan sosialisasi kepada masyarakat terutama masyarakat pedesaan.