SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGARUH RETURN ON ASSETS, CAPITAL ADEQUACY RATIO DAN PRICE TO BOOK VALUETERHADAP RETURNSAHAM PERUSAHAAN PERBANKAN INDEKSHIGH DIVIDEN 20 TAHUN 2012-2017

Budi Pebri Styo

Abstrak


ABSTRAK

Budi, Pebri Styo. 2019.  Pengaruh Return On Asset (ROA), Capital Adequacy Ratio (CAR), dan Price to Book Value (PBV) Terhadap Return Saham Perusahaan Perbankan indeks High Dividend 20 Tahun 2012-2017. Skripsi, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang, Pembimbing : Bety Nur Achadiyah, S.Pd., M.Sc.

Kata Kunci :Return On Asset, Capital Adequacy Ratio, Price to Book Value, Return Saham.

Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh Return On Asset, Capital Adequacy Ratio, dan Price to Book Value terhadap return saham. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan perbankan yang termasuk ke dalam kategori Index High Dividend 20 dengan jumlah populasi sebanyak 6  bank. Jenis data yang dipergunakan adalah data sekunder,  sedangkan alat analisis yang dipergunakan adalahan alisis regresi linier berganda. Berdasarkan hasil analisis regresi linier berganda, penelitian ini menemukan bukti bahwa

(1) Return On Asset berpengaruh positif dan signifikan terhadap return saham,

(2) Capital Adequacy Ratio berpengaruh positif signifikan terhadap return saham,

(3) Price to Book Value berpengaruh positif signifikan terhadap return saham. Dari perhitungan diatas, investor yang akan berinvestasi di pasar modal sebaiknya memperhatikan pergerakan variable Return on Asset, Capital Adequacy Ratio, dan Price to Book Value karenater bukti berpengaruh secara signifikan terhadap pergerakan return saham.

Bagi penelitian selanjutnya, karena factor independen pada penelitian ini hanya mencapai 33,2% maka penelitian selanjutnya dapat menggunakan rasio CAMEL untuk menilai tingkat kesehatan bank serta menggunakan rasio PER sebagai variabel independen. Penelitian selanjutnya juga diharapkan mampu mengidentifikasi serta menyamakan setiap presentase perkalian aktiva maupun kredit yang berisiko agar mendapatkan hasil yang lebih optimal dalam perhitungan CAR.