SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Penerapan Problem Based Learning Berbantuan Media Pembelajaran Interaktif terhadap Kemandirian dan Hasil Belajar Mata Pelajaran Akuntansi Dasar Kelas X di SMKN 1 Boyolangu

Indriyani Tri Heny

Abstrak


RINGKASAN

Indriyani, Tri Heny. 2019.  Pengaruh Penerapan Problem Based Learning Berbantuan Media Pembelajaran Interaktif Terhadap Kemandirian dan Hasil Belajar Mata Pelajaran Akuntansi Dasar Kelas X di SMKN 1 Boyolangu. Skripsi, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Sunaryanto, M.Ed.

Kata kunci: problem based learning, media pembelajaran interaktif, kemandirian, hasil belajar

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemandirian belajar siswa, sehingga hasil belajar siswa masih kurang maksimal. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui pengaruh penerapan problem based learning berbantuan media pembelajaran interaktif terhadap kemandiran belajar dan hasil belajar.

Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen yang dilakukan di SMKN 1 Boyolangu Tulungagung dengan menggunakan metode pra eksperimen One Group Pretest Posttest  untuk mengukur pengaruh penerapan problem based learning berbantuan media pembelajaran interaktif terhadap kemandirian belajar, dan metode kuasi eksperimen pretest-posttest non equivqlen untuk mengukur pengaruh penerapan problem based learning berbantuan media pembelajaran interaktif terhadap hasil belajar.. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas X Akuntansi 3 sebanyak 33 siswa yang dipilih sebagai kelas eksperimen dan X Akuntansi 4 sebanyak 34 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket/kuesioner dan tes.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan kemandirian belajar awal dan akhir pada kelas eksperimen pada Uji T berpasangan, hal ini juga ditunjukkan dengan adanya rata-rata kemandirian belajar akhir lebih tinggi dibandingkan rata-rata kemandirian awal. Hasil Uji T Independen pada gainscore menunjukkan adanya perbedaan hasil belajar antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. Hal ini juga ditunjukkan dengan adanya rata-rata gainscore kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. Dengan demikian penerapan problem based learning berbantuan media pembelajaran interaktif berpengaruh terhadap kemandirian dan hasil belajar.

Dengan demikian penerapan problem based learning berbantuan media pembelajaran interktif pada mata pelajaran akuntansi dasar dapat meningkatkan kemandirian belajar dan hasil belajar.