SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Koneksi Politik Terhadap Nilai Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia

Timami Luxy Meida Happy

Abstrak


ABSTRAK

Timami, Luxy Meida Happy. 2019.  Pengaruh Koneksi Politik Terhadap Nilai Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Skripsi, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. Makaryanawati, S.E, M.Si, Ak, CA.

Kata Kunci: Koneksi Politik, Nilai Perusahaan, Manufaktur

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh koneksi politik terhadap nilai perusahaan manufaktur sektor kimia dan dasar yang terdaftar di BEI. Alasan menggunakan sektor industri kimia dan dasar karena memiliki peningkatan harga saham yang tinggi.

Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif eksplanatif. Data yang dikumpulkan berdasarkan annual report dari 68 perusahaan manufaktur pada sektor industri kimia dan dasar di Indonesia selama periode 2014 sampai 2017. Total sampel dalam penelitian ini adalah 251 perusahaan. Koneksi politik diukur menggunakan dummy dan nilai perusahaan menggunakan Tobins’Q. Penelitian ini menggunakan teknik analisis regresi linear berganda.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa koneksi politik berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan. Hasil penelitian ini mengindikasikan bahwa perusahaan yang memiliki koneksi politik mendapat akses kemudahan dari pemerintah sehingga dapat digunakan untuk mencapai tujuan perusahaan yaitu meningkatkan nilai perusahaan. Keterbatasan penelitian ini yaitu laporan tahunan perusahaan hanya memaparkan koneksi politik dari hubungan langsung. Oleh karena itu, hubungan tidak langsung seperti pertemanan dan keluarga tidak dapat diidentifikasi. Saran bagi peneliti selanjutnya mengganti pengukuran variabel dummy dengan data rasio.