SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGARUH INFORMASI RASIO PROFITABILITAS TERHADAP HARGA SAHAM PADA PERUSAHAAN REAL ESTATE AND PROPERTY DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2008-2009

Rani Cholifaturrohma

Abstrak


ABSTRAK

 

 

Cholifaturohma, Rani. 2010. Pengaruh Informasi Rasio Profitabilitas terhadap Harga Saham pada Perusahaan Real Estate and Property di Bursa Efek Indonesia Tahun 2008-2009. Skripsi, Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Triadi Agung Sudarto S, S.E., M.Si, Ak (2) Makaryanawati, S.E., Ak, M.Si.

 

Kata kunci:   Return on Asset (ROA), Return on Equity (ROE), Net Profit Margin (NPM), Earning Per Share (EPS), Harga Saham.

 

            Investasi adalah menempatkan uang atau dana dengan harapan untuk memperoleh tambahan atau keuntungan tertentu atas uang atau dana tersebut. Salah satu bentuk dari investasi ialah dalam bentuk saham. Saham merupakan surat berharga sebagai bukti penyertaan atau pemilikan individu maupun institusi dalam suatu perusahaan. Untuk mengukur dan mengetahui tingkat efektifitas kinerja perusahaan maka digunakan harga saham. Faktor yang dapat mempengaruhi harga saham salah satunya ialah kinerja keuangan perusahaan yang dapat berupa rasio profitabilitas. Rasio profitabilitas terdiri dari Return on Asset (ROA), Return on Equity (ROE), Net Profit Margin (NPM) dan Earning Per Share (EPS).

            Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh rasio profitabilitas (Return on Asset (ROA), Return on Equity (ROE), Net Profit Margin (NPM) dan Earning Per Share (EPS) terhadap harga saham pada perusahaan Real Estate and Property di Bursa Efek Indonesia tahun 2008-2009.

            Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan Real Estate and Property di Bursa Efek Indonesia tahun 2008-2009 yang berjumlah 55 perusahaan. Teknik pengambilan sampel ialah metode purposive sampling sehingga diperoleh sampel penelitian berjumlah 33 perusahaan. Analisis data dalam penelitian ini adalah analisis regresi berganda dengan uji t dan uji F.

            Hasil penelitian yang diperoleh ialah secara parsial terdapat pengaruh signifikan variabel Earning Per Share (EPS) terhadap harga saham. Secara simultan terdapat pengaruh signifikan variabel Return on Asset (ROA), Return on Equity (ROE), Net Profit Margin (NPM) dan Earning Per Share (EPS) terhadap harga saham. Disarankan untuk peneliti selanjutnya supaya menambah jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian yang berhubungan dalam mempengaruhi harga saham, menambah periode penelitian dan variabel penelitiannya ditambah, serta disarankan kepada para investor agar terlebih dahulu menganalisis kinerja keuangan perusahaan dan memperhatikan  faktor-faktor fundamental maupun faktor eksternal dalam berinvestasi.