SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Bahan Ajar E-Modul pada Mata Pelajaran Praktikum Akuntansi Perusahaan Jasa dan Dagang untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik di SMKN 1 Turen

SANTOSO RA ADINDA MEGAWATI RAHAYU

Abstrak


ABSTRAK

Santoso, RA Adinda Megawati R. 2019. Pengembangan Bahan Ajar E-modul pada Mata Pelajaran Praktikum Akuntansi Perusahaan Jasa dan Dagang untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik di SMKN 1 Turen. Skripsi, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. Suparti, M.P.

Kata Kunci: e-modul, praktikum akuntansi perusahaan jasa dan dagang, hasil belajar, bahan ajar.

Penerapan Kurikulum 2013 pada setiap sekolah di Indonesia merupakan salah satu wujud atau usaha Pemerintah untuk menyiapkan peserta didik menjadi sumber daya manusia yang berdaya saing. Tidak hanya teknis pembelajaran yang disesuaikan, tetapi perangkat pembelajara secara keseluruhan juga ditingkatkan dan disesuaikan dengan penerapan Kurikulum 2013. Salah satu perangkat yang sangat penting dalam pelaksanaan pembelajaran adalah bahan ajar, bahan ajar dengan kualitas dan kuantitas yang layak atau dengan kata lain efektif dan efisien sangat dibutuhkan untuk menunjang keberhasilan Kurikulum 2013, tetapi tidak sedikit sekolah yang mengalami permasalahan dalam ketersediaan bahan ajar. Maka dari itu, perlu pemikiran yang inovatif untuk mengatasi permasalahan ketersediaan bahan ajar. Masalah tersebut memotivasi peneliti untuk mengembangkan bahan ajar berbasis elektronik, yang sesuai dengan perkembangan jaman dengan karakteristik efektif dan efisien serta dapat meningkatkan hasil belajar peserta diidk.

Metode yang digunakan adalah pengembangan. Model pengembangan dalam penelitian ini adalah model ADDIE (2009). Tahap-tahap yang dilakukan meliputi analyze, design, develop, implement, and evaluate. Desain penelitian yang diterapkan peneliti adalah desain eksperimen. Validasi e-modul dilakukan oleh 1 dosen teknologi pendidikan (TEP) UM dan 1 guru komputer akuntansi SMK Negeri 1 Turen. Instrumen penelitian yang digunakan berupa angket uji kelayakan serta soal pre test dan post test untuk uji efektivitas produk. Terdapat dua kelas yang menjadi objek penelitian, kelas XI AKL 1 sebagai kelas kontrol dan XI AKL 2 sebagai kelas eksperimen. Data yang diperoleh adalah data kuantitatif berupa skor angket dan nilai pretest-posttest serta data kualitatif berupa uraian kekurangan dan saran dari validator.

Hasil uji kelayakan produk menunjukkan rata-rata skor validator media sebesarĀ  98,17% dengan kriteria sangat layak dan skor validator materi sebesar 77% dengan kriteria layak. Hasil uji efektivitas produk pada siswa kelas XI AKL 1 dan XI AKL 2 SMKN 1 Turen yang dianalisis menggunakan independent sample t-test menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan dibuktikan dengan nilai sig. 2-tailed sebesar ,000 < 0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pengembangan bahan ajar e-modul pada mata pelajaran akuntansi perusahaan jasa dan dagang dianggap efektif dan mampu memberikan pengaruh positif terhadap pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar. Disarankan untuk menambahkan soal-soal akuntansi yang mengandung HOTS minimal 30% dari jumlah soal yang ada, serta menambahkan warna lain pada tampilan e-modul agar lebih menarik dan selaras.