SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Literasi Keuangan Mahasiswa (Studi Pada Mahasiswa Jurusan Akuntansi Universitas Negeri Malang)

ADE SUKMAWATI

Abstrak


Literasi keuangan merupakan serangkaian pengetahuan keuangan yang akan berguna untuk meningkatkan keterampilan seseorang dalam mengelola keuangan agar terhindar dari masalah keuangan dengan tujuan untuk mendapatkan kesejahteraan di masa yang akan datang. Literasi keuagan sangat penting bagi mahasiswa karena mahasiswa pada umumnya memiliki lebih banyak kebebasan dalam membuat keputusan yang berkaitan dengan keuangan karena mahasiswa akan menghadapi kehidupan yang mandiri karena jauh dari orang tua. Faktor-faktor yang mempengaruhi lietrasi keuangan mahasiswa adalah jenis kelamin, umur, IPK, dan pendapatan orang tua.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan jenis penelitian eksplanasi. Populasi yang digunakan adalah 802 mahasiswa jurusan akuntansi Universitas Negeri Malang. Sampel penelitian berjumlah 45 mahasiswa dengan teknik sampling berupa purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner. Untuk menguji kelayakan instrumen penelitian dilakukan uji validitas dan reliabilitas. Data dianalisis menggunakan analisis regresi linier berganda dengan taraf signifikansi (α) 0,05.

Hasil analisis data menunjukkan bahwa:

(1) jenis kelamin berpengaruh signifikan terhadap lietrasi keuangan mahasiswa, perbedaan literasi keuangan antara laki-laki dan perempuan adalah karena perempuan lebih rajin dalam memahami hal-hal yang berhubungan dengan keuangan, perempuan juga lebih rajin untuk membuat perencanaan keuangan yang bersifat jangka pendek dan jangka panjang,

(2) umur berpengaruh signifikan terhadap literasi keuangan mahasiswa, Semakin bertambah umur seseorang maka akan semakin banyak pengetahuan dan informasi masalah keuangan yang didapat, jadi semakin dewasa umur seseorang maka tingkat literasi keuagan mereka tinggi juga

(3) indeks pertasi kumulatif berpengaruh signifikan terhadap literasi keuangan mahasiswa, mahasiswa yang memiliki IPK yang tinggi dianggap memiliki pengetahuan dan memahaman terhadap pelajaran yang diterima sehingga ada perbedaan pemahaman dan pengetahuan keuangan antara mahasiswa yang IPK yang tinggi dengan mahasiswa yang IPK yang rendah, dan

(4) pendapatan orang tua berpengaruh signifikan terhadap literasi keuangan mahasiswa, Perbedaan pendapatan orang tua akan berpengaruh terhadap perbedaan pemahaman dan persepsi sehingga dapat membentuk perilaku yang berbeda seorang anak dalam mengelola keuangan.

Saran yang dapat disampaikan sehubungan dengan penelitian adalah memberikan pendidikan tentang keuangan pribadi (Personal finance) kepada mahasiswa. Untuk penelitian selanjutnya untuk menambah variabel-variabel yang lebih relevan yang mempengaruhi literasi keuangan dan menggunakan objek penelitian lain selain mahasiswa misalnya usaha mikro, kecil, menengah (UMKM).