SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Analisis Implementasi Model Pembelajaran Akuntansi Berdasarkan Kurikulum 2013 di SMK Muhammadiyah 3 Singosari Tahun Ajaran 2018/2019

NANDA DICHA PRISCIA

Abstrak


ABSTRAK

Nanda, Dicha Priscia. 2019.  Analisis Implementasi Model Pembelajaran Akuntansi Berdasarkan Kurikulum 2013 di SMK Muhammadiyah 3 Singosari Tahun Ajaran 2018/2019. Skripsi, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang, Pembimbing: Dr. Suparti, M.P.

Kata Kunci: Kurikulum 2013, Model Pembelajaran, Implementasi, Akuntansi

Kurikulum 2013 merupakan penyempurnaan dari kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) dimana dalam penggunaan kurikulum 2013 ini disertai modelmodel pembelajaran dengan pendekatan saintifik yang menekankan pada peserta didik untuk terlibat secara aktif dalam proses pembelajaran. SMK Muhammadiyah 3 Singosari merupakan salah satu sekolah swasta yang sudah menerapkan kurikulum 2013 sejak tahun 2014 namun guru akuntansi di SMK Muhammadiyah 3 Singosari masih menggunakan model konvensional dengan lebih banyak berperan di dalam kelas. Hal tersebut tidak sesuai dengan konsep kurikulum 2013 dimana dalam kurikulum 2013 kegiatan pembelajaran lebih terpusat pada siswa bukan berpusat pada guru.

Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif untuk melihat kealamiahan dari suatu peristiwa serta mendalami persoalan yang terjadi dalam lapangan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu studi kasus dengan menyelidiki secara langsung suatu peristiwa yang terjadi dengan memusatkan perhatian pada suatu peristiwa yang sedang dikaji. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui kegiatan wawancara yang dilakukan bersama guru akuntansi, wakakurikulum, dan siswa program keahlian akuntansi, data juga diperoleh melalui kegiatan observasi yang dilakukan di dalam kelas, dan dokumentasi dari perangkat RPP yang dibuat oleh ketiga guru akuntansi di SMK Muhammadiyah 3 Singosari. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini melalui tiga tahap yaitu tahap reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Kemudian untuk uji keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan teknik triangulasi dan meningkatkan ketekunan pengamatan.

Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa guru akuntansi di SMK Muhammadiyah 3 Singosari belum dapat menerapkan model pembelajaran yang sesuai dengan kurikulum 2013 meskipun dalam rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) yang digunakan oleh guru telah mencantumkan model pembelajaran yang sesuai dengan tuntutan kurikulum 2013, guru masih menggunakan model pembelajaran konvensional hal tersebut dibuktikan dengan peran guru yang masih mendominasi di dalam kelas. Penyebab guru belum dapat menerapkan model pembelajaran yang sesuai kurikulum 2013 karena terdapat beberapa kendala yang dihadapi baik dari kesiapan siswa, kurangnya sarana dan prasarana, serta kurangnya pelatihan yang diterima oleh guru sehingga hal tersebut menghambat penerapan model pembelajaran kurikulum 2013 di SMK Muhammadiyah 3 Singosari. Saran yang dapat disampaikan dalam penelitian ini diantaranya

(1) guru sebaiknya melatih siswa untuk belajar mandiri, guru harus dapat memberikan kepercayaan kepada siswa bahwa siswa mampu dilatih untuk aktif dalam proses pembelajaran;

(2) sekolah sebaiknya terus meningkatkan  pelaksanaan pelatihan-pelatihan bagi para guru baik pelatihan disekolah maupun mengirim guru untuk melaksanakan pelatihan di luar sekolah sehingga meningkatkan pemahaman dan kemampuan guru dalam menerapkan model pembelajaran berdasarkan kurikulum 2013.