SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Audit Tenure terhadap Audit Report Lag dengan Spesialisasi Industri Auditor sebagai Variabel Moderasi pada Perusahaan Sektor Keuangan yang Terdaftar di BEI periode 2013-2017

MUFIDAH NINDA

Abstrak


ABSTRAK

Mufidah, Ninda. 2019.  Pengaruh Audit Tenure terhadap Audit Report Lag dengan Spesialisasi Industri Auditor sebagai Variabel Moderasi pada Perusahaan Sektor Keuangan yang Terdaftar di BEI periode 2013- 2017.Skripsi.Jurusan Akuntansi. Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Malang.Pembimbing: Nujmatul Laily, S.Pd, M.SA.

Kata Kunci : Audit report lag, Audit Tenure, Spesialisasi Industri Auditor.

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh audit tenure, audit report lag, dan spesialisasi industri auditor pada perusahaan sektor keuangan yang tercatat di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2013-2017. Selain penelitian ini menguji pengaruh audit tenure (X) terhadap audit report lag (Y), penelitian ini juga menguji mengenai spesialisasi industri auditor (Z) berpengaruh terhadap hubungan audit tenure dan audit report lag.

Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan sektor keuangan yang tercatat di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2013-2017. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling dan sumber data yang digunakan yaitu data sekunder dengan teknik pengambilan data dokumentasi. Total perusahaan yang dijadikan sampel penelitian sebanyak 55 perusahaan. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Moderated Regression Analysis (MRA) dengan bantuan SPSS 25 for Windows.

Hasil dari penelitian menunjukan bahwa :

(1) Audit tenure tidak berpengaruh signifikan terhadap audit report lag dan

(2) spesialisasi industri auditor tidak mampu memperlemah audit tenure terhadap audit report lag.