SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Makna Corporate Social Responsibility (CSR) Bagi UMKM Batik di Banyuwangi

Adinda Resty Putri

Abstrak


ABSTRAK

Adinda, Resty Putri. 2019.  Makna Corporate Social Responsibility (CSR) Bagi UMKM Batik di Banyuwangi. Skripsi, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. Puji Handayati, S.E, M.M, Ak, CA, CMA, CIBA, CSRS.

Kata Kunci : Makna, Corporate Social Responsibility (CSR), UMKM

Corporate Social Responsibility merupakan komitmen suatu perusahaan untuk berkontribusi memberikan manfaat kepada masyarakat dan lingkungan sekitar. Perusahaan tidak hanya beroperasi untuk kepentingan sendiri, melainkan juga seluruh stakeholder (karyawan, masyarakat, konsumen, dll). Pada umumnya CSR diterapkan pada perusahaan berskala besar saja, akan tetapi saat ini UMKM juga dapat melaksanakan program CSR. Sesuai Peraturan Daerah Banyuwangi, Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2014 Pasal 8 Ayat (1) menjelaskan bahwa perusahaan yang berstatus bukan badan hukum dapat berpartisipasi dalam pelaksanaan tanggung jawab sosial. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaku UMKM Batik di Banyuwangi memaknai Corporate Social Responsibility (CSR).

Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan studi fenomenologi transendental dan menggunakan teknik analisis data noema, noesis, epoche, intentional analysis, dan eidetic reduction. Sumber data diperoleh dari data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Untuk menjaga keabsahan data dilakukan kegiatan triangulasi metode.

Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, diperoleh beberapa hasil penelitian yang menunjukkan bahwa pemilik UMKM Batik di Banyuwangi memberikan makna mengenai tanggung jawab sosial antara lain

(1) CSR sebagai image perusahaan

(2) CSR sebagai bentuk keamanan bagi perusahaan

(3) CSR sebagai kesadaran perusahaan terhadap masyarakat.