SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Efektivitas Sunset Policy Jilid II dan Efektivitas Penagihan Pajak Aktif Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Malang Utara Tahun 2015-2017

Marista Siska Dwi

Abstrak


ABSTRAK

Marista, Siska Dwi. 2019. Pengaruh Efektivitas Sunset Policy Jilid II dan Efektivitas Penagihan Pajak Aktif Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Malang Utara. Skripsi, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing : Bety Nur Achadiyah, S.Pd., M.Sc.

Kata Kunci : Pajak, Sunset Policy, Penagihan Pajak, Surat Teguran, Surat Paksa, Surat Sita, Kepatuhan Pajak.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh antara efektivitas sunset policy jilid II dan efektivitas penagihan pajak aktif melalui surat teguran, surat paksa dan surat sita terhadap kepatuhan wajib pajak di KPP Pratama Malang Utara. Indonesia merupakan negara yang sebagian besar pendapatan negaranya berasal dari penerimaan pajak. Walaupun penerimaan pajak di Indonesia lebih dominan dibandingkan pendapatan lainnya, ini masih dianggap rendah dibandingkan rata-rata tax ratio dunia. Untuk itu pemerintah menerapkan kebijakan baru untuk meningkatkan kepatuhan wajib pajak dan penerimaan pajak yaitu sunset policy jilid II. Selain itu, untuk meningkatkan kepatuhan wajib pajak Indonesia menerapkan penagihan pajak aktif untuk wajib pajak yang belum melakukan kewajiban perpajakannya. Oleh karena itu, pelaksanaan sunset policy jilid II yang efektif dan pemanfaatan sunset policy jilid II secara maksimal oleh wajib pajak diharapkan akan meningkatkan kepatuhan wajib pajak. Begitu pula dengan penagihan pajak aktif yang efektif juga diharapkan untuk meningkatkan kepatuhan wajib pajak.

Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan data sekunder. Data sekunder ini berupa dokumen-dokumen yang berasal dari KPP Pratama Malang Utara. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah sampel jenuh dan metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda yang didukung dengan uji t parsial dan koefisien determinasi (R2).

Hasil penelitian menunjukkan bahwa efektivitas sunset policy jilid II termasuk dalam kateori efektif bahkan sangat efektif, namun tidak ada pengaruh antara efektivitas sunset policy jilid II dengan kepatuhan wajib pajak. Sedangkan penagihan pajak aktif melalui surat teguran, surat sita, dan surat paksa termasuk dalam kategori tidak efektif, namun ada pengaruh positif antara efektivitas penagihan pajak aktif melalui surat teguran dan tidak ada pengaruh antara efektivitas penagihan pajak aktif melalui surat paksa dan surat sita.