SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

EFEKTIVITAS DAN EFISIENSI PENERAPAN E-RETRIBUSI PASAR PADA DINAS PERINDUSTRIAN, PERDAGANGAN, DAN PERTAMBANGAN KABUPATEN BANYUWANGI

Lucky Maharani Safitri

Abstrak


Di era globalisasi ini pemerintah semakin menggencarkan pembangunan nasional dalam upaya mewujudkan kesejahteraan masyarakat di Indonesia. Pembangunan nasional bertujuan untuk memperbaiki taraf hidup masyarakat. Agar pembangunan nasional khususnya di daerah kabupaten/kota dapat terealisasi maka pemerintah dituntut untuk menggali sumber-sumber keuangan yang ada seperti: pajak dan retribusi sebagai sumber utama Pendapatan Asli Daerah. Menurut Undang-Undang Nomor 33 Tahun 2004 salah satu penerimaan asli daerah yang bersifat potensial dalam pembiayaan pembangunan daerah adalah retribusi daerah. Salah satu objek dari retribusi daerah adalah retribusi pelayanan pasar yang selanjutnya disebut retribusi pasar. Terdapat beberapa permasalahan terkait retribusi pasar di Indonesia, seperti adanya pungutan-pungutan liar yang terjadi di beberapa Kota yang ada di Indonesia, pungutan-pungutan liar tersebut mengakibatkan ketidaktercapaiannya target yang telah ditetapkan. Untuk menanggulangi dan mencegah terjadinya pungutan-pungutan liar di masa mendatang, maka pemerintah meluncurkan metode pembayaran retribusi pasar secara elektronik yang disebut e-retribusi pasar. Penelitian ini berfokus pada bagaimana tingkat efektivitas dan efisiensi penerapan e-retribusi pasar dibandingkan dengan retribusi pasar yang manual di Kabupaten Banyuwangi.

Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif deskriptif, pada penelitian ini juga dilengkapi dengan data hasil wawancara dan kajian referensi lainnya.Pemilihan metode ini dikarenakan peneliti ingin menunjukkan hasil dari suatu perkembangan sistem teknologi yang lebih modern dan lebih baik dibandingkan sistem sebelumnya yang didukung dengan data yang diperoleh dari media massa, pemerintah maupin masyarakat umum (pedagang) yang kemudian diolah untuk mendapatkan solusi dari masalah yang terjadi di Kabupaten Banyuwangi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya e-retribusi pasar dianggap kurang efektif, hal ini dikarenakan masih ada beberapa pasar yang belum menerapkan e-retribusi pasar tersebut, sedangkan untuk tingkat efisiensi penerapan e-retribusi pasar sudah menunjukkan hasil yang efisien dibandingkan saat masih menggunakan retribusi pasar manual, hal ini dikarenakan dana yang dibayarkan oleh pedagang langsung masuk ke kas daerah sehingga dapat mencegah adanya hal-hal yang tidak diinginkan seperti adanya pungutan-pungutan liar, penyelewangan dana retribusi pasar, dll.