SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Struktur Modal dan Free Cash Flow terhadap Dividend Payout Ratio pada Perusahaan Manufaktur Periode 2005-2008

Elly Rosita

Abstrak


ABSTRAK

 

Rosita, Elly. 2010. Pengaruh Struktur Modal dan Free Cash Flow terhadap Dividend Payout Ratio pada Perusahaan Manufaktur yang Listing di BEI Periode 2005-2008. Skribsi, Jurusan Akuntansi FE Universitas Negeri Malang. Pembimbing : (1) Dr. Sunaryanto, M.Ed (2) Satia Nur Maharani, S.E. MSA.

Kata kunci  : Free Cash Flow, Struktur Modal (DER (debt-to equity ratio), DAR  (debt-to total assets)), dan DPR (dividend payout ratio).

Dalam menentukan kebijakan dividen (dividend payout ratio), manajer harus mempertimbangkan faktor-faktor yang mempengaruhinya, termasuk diantaranya adalah free cash flow, debt-to equity ratio, dan debto total assets.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh yang signifikan antara free cash flow (FCF), debt-to equity ratio (DER), dan debt-to total assets ratio (DAR) sebagai variabel inedependen terhadap dividend payout ratio (DPR) pada Perusahaan Manufaktur yang Listing di BEI Periode 2005-2008. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan Manufaktur yang listing di BEI selama tahun 2005-2008 sebanyak 153 perusahaan sedangkan sampel yang digunakan sebanyak 19 perusahaan yang diperoleh dengan menggunakan teknik purposive sampling. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder dari ICMD tahun 2006-2008 sedangkan alat analisis yang digunakan adalah uji asumsi klasik dan uji regresi berganda untuk menguji baik secara parsial maupun secara simultan.

Dari pengujian yang dilakukan diperoleh hasil bahwa secara parsial variabel free cash flow (FCF) dan debt-to equity ratio (DER) berpengarh positif signifikan terhadap variabel dividend payout ratio (DPR). Sedangkan variabel debt-to total assets tidak berpengaruh terhadap dividend payout ratio (DPR). Secara simultan variabel free cash flow (FCF), debt-to equity ratio (DER) dan debt-to total assets (DAR) berpengaruh positif signifikan terhadap variabel dividend payout ratio (DPR).

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut : (1) bagi para investor dan kreditor untuk memperhatikan potensi terjadinya agency problem dan mempertimbangkan faktor-faktor selain keuangan dalam mengambil keputusan, (2) manajer diharapkan memiliki loyalitas tinggi dan memilki konsistensi terhadap tujuan perusahaan pada saat mengambil keputusan, (3) bagi peneliti selanjutnya sebaiknya dapat menambah variabel bebas lain yang diduga dapat mempengaruhi dividend payout ratio dan menambah periode penelitian agar lebih valid.