SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGEMBANGAN MODUL AKUNTANSI BERBASIS HOTS (HIGH ORDER THINGKING SKILL) PADA MATA PELAJARAN AKUNTANSI DASAR DI KELAS X SMKN 1 BOYOLANGU

Noviyanti Vivin

Abstrak


ABSTRAK

Noviyanti, Vivin. 2018. Pengembangan Modul Akuntansi Berbasis High Order Thinking Skill Pada Mata Pelajaran Akuntansi Dasar di Kelas X SMKN1 Boyolangu. Skripsi, Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing Sulastri, S.Pd, M,SA

Kata Kunci: Modul, Akuntansi, HOTS

Modul adalah salah satu bahan ajar cetak yang disusun secara sistematis dari segi bahasa dan juga materi yang dapat digunakan pada saat pembelajaran. Namun masih banyak sekolah yang belum menggunakan modul akuntansi yang sesuai dengan kurikulum yang berlaku. Berdasarkan hasil wawancara yang dilakukan pada siswa dan observasi yang dilakukan pada SMKN1 Boyolangu diperoleh informasi bahwa belum tersedianya bahan ajar yang sesuai yang dapat digunakan pada saat pembelajaran.

Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa modul akuntansi berbasis high order thinking skill, menguji kelayakan modul, dan untuk mengetahui respon pengguna terbatas terhadap modul yang dikembangkan. Model pengembangan yang digunakan pada penelitian ini adalah model ADDIE yang terdiri dari analysis, design, development, Implementation, evaluation. Namun dalam penelitian ini hanya sampai pada tahap implementasi saja. Hasil penelitian ini menunjukkan hasil rata-rata validasi materi sebesar 84,8% dengan dua aspek penilaian, hasil rata-rata validasi media sebesar 98% dengan dua aspek penilaian, kemudian hasil rata-rata dari uji validasi pengguna terbatas sebesar 88,9% dengan empat aspek penilaian. Dari hasil tersebut rata-rata keseluruhan dari ahli materi,ahli media dan juga pengguna terbatas sebesar 90,6% dengan kriteria sangat valid maka dapat disimpulkan bahwa modul akuntansi berbasis high order thinking skill ini layak dan dapat digunakan pada saat pembelajaran.

Manfaat dari modul akuntansi berbasis high order thinking skill ini dapat melatih siswa untuk berpikir tingkat tinggi dan berpikir kritis dengan memberikan contoh evaluasi dalam kehidupan sehari-hari sehingga dapat memecahkan permasalahan secara mandiri. Saran untuk pengembangan lebih lanjut adalah mengembangkan modul yang berbasis high order thinking skill ini dengan menggunakan materi yang lain dan lebih lengkap, untuk dapat digunakan pada pembelajaran danĀ  melakukan uji coba pengguna pada siswa untuk dapat mengetahui efektifitas produk.