SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Mekanisme Good Corporate Governance Terhadap Kondisi Financial Distress (Studi Kasus Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2014-2016)

Sitinjak Hana Eva Nofya

Abstrak


ABSTRAK

Sitinjak, Hana Eva Nofya. 2019. Pengaruh Mekanisme Good Corporate Governance terhadap Kondisi Financial Distress (Studi Kasus Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2014-2016). Skripsi, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Ika Putri Larasati, S.E., M.Com.

Kata Kunci: Good Corporate Governance, Kepemilikan Manajerial, Kepemilikan Institusional, Ukuran Dewan Komisaris, Kompetensi Komite Audit, Financial Distress.

Perusahaan yang mengalami kebangkrutan akan diawali dengan kondisi financial distress. Namun perusahaan yang sedang mengalami financial distress belum dapat dipastikan mengalami kebangkrutan karena hal tersebut bergantung pada kemampuan perusahaan dalam mencegah dan mengatasi kondisi financial distress. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh dari mekanisme good corporate governance seperti kepemilikan manajerial, kepemilikan institusional, ukuran dewan komisaris, dan kompetensi komite audit terhadap kondisi financial distress.

Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia yang menerbitkan laporan tahunan pada tahun 2014-2016. Penentuan sampel dilakukan dengan metode purposive sampling. Kriteria perusahaan financial distress adalah perusahaan dengan earning per share negatif dalam tiga periode pelaporan. Total sampel yang digunakan adalah 18 perusahaan yang terdiri dari 9 perusahaan financial distress dan 9 perusahaan sehat yang ditentukan berdasarkan kesamaan subsektor. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi logistik.

Hasil analisis menunjukkan bahwa variabel kompetensi komite audit berpengaruh negatif terhadap kondisi financial distress, variabel kepemilikan institusional dan ukuran dewan komisaris berpengaruh positif terhadap kondisi financial distress. Penelitian ini tidak dapat membuktikan adanya pengaruh variabel kepemilikan manajerial terhadap kondisi financial distress.