SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Tingkat Pengetahuan Akuntansi, Orientasi Etis dan Gender Terhadap Persepsi Etis Mahasiswa Akuntansi Mengenai Creative Accounting (Studi pada Mahasiswa S1 Akuntansi Universitas Negeri Malang)

Eliza Shilvy Nova

Abstrak


ABSTRAK

Eliza, Shilvy Nova. 2019. Pengaruh Tingkat Pengetahuan Akuntansi, Orientasi Etis dan Gender Terhadap Persepsi Etis Mahasiswa Akuntansi Mengenai Creative Accounting (Studi pada Mahasiswa S1 Akuntansi Universitas Negeri Malang). Skripsi, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Dodik Juliardi, S.E., M.M., Ak.

Kata Kunci: Tingkat Pengetahuan Akuntansi, Orientasi Etis, Idealisme, Relativisme, Gender, Persepsi Etis, Creative Accounting.

Praktik creative Accounting saat ini telah menjadi perhatian masyarakat umum karena terjadinya skandal praktik creative accounting yang melibatkan perusahaan besar, contohnya PT Sunprima Nusantara Pembiayaan (SNP Finance) dan Enron. Selain itu, dalam praktiknya terdapat perbedaan pandangan yang menganggap bahwa creative accounting merupakan tindakan yang etis dan ada pendapat yang mengatakan bahwa creative accounting merupakan tindakan tidak etis. Untuk itu, persepsi mahasiswa akuntansi sebagai calon akuntan tentang creative accounting sangatlah penting untuk menghindari tindakan yang melanggar kode etik di masa mendatang. Peneltian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh tingkat pengetahuan akuntansi, orientasi etis (idealism dan relativisme), gender dengan persepsi etis mahasiswa akuntansi mengenai creative accounting.

Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan teknik pengambilan data kuisisoner. Penelitian dilakukan pada Mahasiswa S1 Akuntansi Universitas Negeri Malang dengan teknik pengambilan sampel simple random  sampling. Metode analisis data menggunakan statistik deskriptif dan analisis regresi linier berganda. Uji instrumen data menggunakan uji validitas dan reliablitas. Uji asumsi klasisk menggunakan uji normalitas, heterokesdastisitas dan multikolinearitas. Pengujian hipotesis menggunakan uji simultan (F) dan uji parsial (t).

Hasil penetian menunjukkan bahwa idealisme dan gender berpengaruh positif signifikan terhadap persepsi etis mahasiswa akuntansi mengenai creative accounting. Relativisme berpengaruh negatif signifikan terhadap persepsi etis mahasiswa akuntansi mengenai creative accounting. Sedangkan tingkat pengatahuan akuntansi tidak berpengaruh signifikan terhadap persepsi etis mahasiswa akuntansi mengenai creative accounting. Berdasarkan hasil penelitian ini, saran untuk penelitian selanjutnya yaitu:

1) sebaiknya memperluas populasi  dengan menambah jumlah sampel,

2) melakukan penelitian pada objek yang berbeda seperti akuntan, corporate manager atau auditor,

3) penelitian selanjutnya sebaiknya menambah pertanyaan kuisioner dengan bahasa yang mudah dipahami.