SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGEMBANGAN MULTIMEDIA MOBILE LEARNING DENGAN MENGGUNAKAN APLIKASI ANDROID STUDIO UNTUK MATERI LAPORAN ARUS KAS

MUSTOFA CINTYA PUSPITA

Abstrak


ABSTRAK

Mustofa, Cintya Puspita. 2019. Pengembangan Multimedia Mobile Learning dengan Menggunakan Aplikasi Android Studio untuk Materi Laporan Arus Kas. Skripsi, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang, Pembimbing: Dr. H. Cipto Wardoyo, S.E., M.Pd., M.Si., Ak, CA

Kata Kunci: multimedia mobile learning, android studio, laporan arus kas

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan aplikasi multimedia mobile learning, menguji kelayakan aplikasi dan mengetahui efektifitas aplikasi. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian dan pengembangan (R&D). Penelitian ini mengacu terhadap model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahapan yaitu:

(1) Analisis,

(2) Desain,

(3) Pengembangan,

(4) Implementasi, dan

(5) Evaluasi. Data yang diperoleh dalam penelitian ini berupa data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif diperoleh dari angket validasi ahli dan media, angket respon mahasiswa serta hasil pre-test dan post-test. Sedangkan data kualitatif berupa kritik dan saran yang dari para ahli dan pengguna. Sumber data penelitian ini adalah dosen pengampu mata kuliah Akuntansi Keuangan Menengah I sebagai ahli materi, dosen Jurusan Teknologi Pendidikan sebagai ahli media dan mahasiswa Jurusan Akuntansi Universitas Negeri Malang sebagai pengguna. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis deskriptif presentase dan uji paired sample t-test.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas aplikasi multimedia mobile learning dapat dikategorikan “valid” oleh ahli media, ahli materi dan mahasiswa Jurusan Akuntansi Universitas Negeri Malang. Sedangkan berdasarkan uji paired sample t-test menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan aplikasi multimedia mobile learning dalam meningkatkan hasil belajar mahasiswa Jurusan Akuntansi pada materi laporan arus kas.