SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL BERBANTUAN MEDIA ANDROID (MOBILE LEARNING) TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA KELAS X AKUNTANSI

LATIFAH NUR

Abstrak


ABSTRAK

Latifah, Nur. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Kontekstual Berbantuan Media Android (Mobile Learning) Terhadap Minat Belajar Siswa X Akuntansi. Skripsi. Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing Prof. Dr. Bambang Sugeng, S.E., M.A., M.M., Ak.

Kata Kunci: model pembelajaran kontekstual, mobile learning, minat belajar.

Untuk menumbuhkan minat belajar siswa, guru harus menciptakan suasana kelas yang dinamis dan menyenangkan. Selain itu, guru harus memperhatikan dan menyesuaiakan model, media, maupun sumber pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan siswa. Model pembelajaran dan media pembelajaran saling berkaitan dan tidak bisa dipisahkan karena menentukan keberhasilan proses pembelajaran. Berdasarkan pernyataan tersebut, penelitian ini menggunakan model pembelajaran kontekstual berbantuan dengan media android (mobile learning). Model pembelajaran kontekstual merupakan model pembelajaran yang membantu guru untuk mengaitkan materi pembelajaran dengan kehidupan sehari-hari. Media pembelajaran yang digunakan berupa softfile akuntansi sebagai stimulus siswa untuk belajar mandiri.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kontektual berbantuan media android (mobile learning) terhadap minat belajar siswa kelas X Akuntansi dan Keuangan Lembaga pada mata pelajaran akuntansi dasar pokok bahasan jurnal penyesuaian. Penelitian kuantitatif ini merupakan desain penelitian eksperimen semu (quasy-eksperimental design) karena peneliti tidak bisa mengontrol variabel diluar penelitian terkait minat belajar siswa, sehingga rancangan penelitian yang digunakan adalah static-group comparison design. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah RPP dan angket posttest setelah diberikan perlakuan kepada kelas eksperimen maupun kelas kontrol.

Hasil penelitian menunjukkan perbedaan minat belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran kontekstual berbantuan mobile learning dengan model pembelajaran konvensional. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kontekstual berbantuan m-learning berpengaruh positif terhadap minat belajar siswa kelas X Akuntansi dan Keuangan Lembaga di SMK Muhammadiyah 3 Singosari.

 

ABSTRACT

Latifah, Nur. 2019. The Influence of Contextual teaching and Learning Assisted by Android media (Mobile Learning) to Student’s Interest Learning on 10th Accounting. Sarjana’s Thesis. Accounting Departement. Faculty of Economics. Universitas Negeri Malang. Advisor Prof. Dr. Bambang Sugeng, S.E., M.A., M.M., Ak

Keywords: contextual teaching and learning, m-learning, interest learning

To grow student’s interest learning, teachers should make a dynamic and pleasant classroom situation. In addition, the teacher should pay attention and adjust the model, media, and learning resources according to student needs. The teaching models and the media are related and cannot be separated because its determine the success of the learning process. Based on those statement, this study used a contextual teaching and learning assisted by mobile learning. The contextual teaching and learning model is a learning model that help teacher to relate learning material to everyday life. The media used is accounting softfile as a stimulus for students to learn independently.

This study aimed to determine effect of contextual teaching and learning model assisted by mobile learning to student’s interest learning for 10th Grade Accounting and Finance on basic accounting subject of adjusting entries. This quantitative research used quasi-experimental design because the research cannot control all variables outside the research related to student’s interest learning, so this research used static-group comparison design. The research instruments used are RPP and posttest questionnare after teacher given treatment to the experimental class and control class.

The result of the research shows that there is different in student’s interest learning through both contextual assisted m-learning and conventional learning. Based on the result of the research, it can be concluded that contextual teaching and learning assisted by mobile learning had a positive effect on student’s interest learning on 10th grade students Accounting and Finance SMK Muhammadiyah 3 Singosari.