SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGEMBANGAN E-MODULE MATA PELAJARAN AKUNTANSI KEUANGANKELAS XI AKUNTANSI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJARPESERTA DIDIK DI SMK ISLAM BATU

WARDANI ROCHMAH SETIA

Abstrak


ABSTRAK

Wardani, Rochmah Setia. 2019. Pengembangan E-Module Mata Pelajaran Akuntansi Keuangan Kelas XI Akuntansi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik di Smk Islam Batu. Skripsi. Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. Suparti, M.P.

Kata Kunci: e-module akuntansi keuangan, hasil belajar

Bahan ajar merupakan salah satu unsur penting dalam pembelajaran. Bahan ajar yang digunakan tentunya harus disesuaikan dengan kurikulum yang berlaku, dan juga memiliki keterbaruan sesuai perkembangan zaman. Salah satu bentuk bahan ajar yang dapat digunakan peserta didik adalah e-module. Berdasarkan hasil observasi awal yang dilakukan di SMK Islam Batu dapat diidentifikasi bahwa bahan ajar yang digunakan masih berupa buku teks dan belum memiliki keterbaruan serta jumlah yang tersedia masih terbatas khususnya bahan ajar pada mata pelajaran akuntansi keuangan kelas XI. Oleh karena itu, perlu adanya pengembangan suatu bahan ajar inovatif yang layakdigunakan berupa e-module.

Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian dan pengembangan ini adalah model pengembangan Borg and Gall (2003) dengan menggunakan modifikasi tujuh dari sepuluh tahapan pengembangan. Desain uji coba yang digunakan adalah desain eksperimen yang terdiri dari uji kelayakan dan uji efektifitas. Uji kelayakan digunakan untuk menilai kelayakan dari e-module yang dikembangkan yang dilakukan dengan uji validasi kepada ahli materi dan ahli media. Uji efektifitas digunakan untuk menguji efektifitas penggunaan e-module yang dikembangkan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Uji efektifitas dilakukan dengan melakukan eksperimen murni pretest and posttest experimental and control group design,

Hasil uji kelayakan produk e-module akuntansi keuangan topik persediaan dari validasi ahli materi diperoleh persentase kelayakan sebesar 82% dan menurut validasi media hasil diperoleh 98% yang berarti bahwa e-module sangat layak digunakan dalam pembelajaran. Hasil uji efektifitas yang dilakukan dengan menggunakan analisis Independent Samples T-Test diperoleh tingkat signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 yang berarti bahwa e-module akuntansi keuangan topik persediaan dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik secara signifikan. Berdasarkan hasil analisis tersebut maka dapat disarankane-module akuntansi keuangan topik persediaan dapat digunakan sebagai bahan ajar dalam pembelajaran secara mandiri maupun dalam kelas.