SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penerapan Permainan Domino Angka Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Bilangan Anak Usia 4-5 Tahun TK Putra Pembangunan Malang

Kumalasari Maulida Dewi

Abstrak


ABSTRAK

Kumalasari, Maulida Dewi. 2019. Penerapan Permainan Domino Angka Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Bilangan Anak Usia 4-5 Tahun TK Putra Pembangunan Malang, Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Tumardi, M.Pd, (II) Eny Nur Aisyah, S.Pd.I, M.Pd.

Kata Kunci: Permainan Domino Angka, Pemahaman Konsep Bilangan

Pemahaman konsep bilangan pada anak merupakan konsep matematika yang penting untuk dipelajari oleh anak. Konsep bilangan ini erat kaitannya dengan kehidupan sehari-hari anak. Kegiatan sehari-hari anak meliputi ketika orang bertanya usia mereka, jumlah pintu ruang kelas, nomor rumah mereka, berapakali mereka mandi, makan, dan menggosok gigi, dan lain sebagainya. Pemahaman konsep bilangan akan memudahkan anak menjawab pertanyaan sehari-hari yang akan diajukan oleh orang disekitarnya. Kemampuan memahami konsep bilangan dapat mengembangkan keterampilan berfikir, menalar, dan memecahkan masalah.

Hasil pengamatan yang telah dilakukan pada bulan November tentang pembelajaran pemahaman konsep bilangan pada anak usia 4-5 Tahun di TK Putra Pembangunan Malang diperoleh fakta bahwa pemahaman konsep bilangan anak masih rendah. Dari 24 anak dalam satu kelas hanya terdapat 33,3% (8 anak) yang mampu memahaman konsep bilangan dengan baik. Tujuan dari penelitian ini yaitu meningkatkan pemahaman konsep bilangan anak uisa 4-5 Tahun TK Putra Pembangunan Malang.

Rancangan penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model Kemmis & Mc Taggart. Penelitian ini dilakukan sebanyak dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Setiap siklus terdiri dari beberapa langkah yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan pengamatan, refleksi, dan perbaikan rencana. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif dan kuantitatif. Adapun instrument pengumpul data penelitian ini meliputi lembar observasi hasil ketercapaian anak, tindak pembelajaran guru, lembar kemenarikan, catatan lapangan, dan pedoman wawancara.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui permainan domino angka dapat meningkatkan pemahaman konsep bilangan anak. Hal ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan dengan persentase sebesar 70,8% dari hasil pra-tindakan hingga hasil siklus II. Tindakan siklus II menunjukkan bahwa pemahaman konsep bilangan anak mengalami peningkatan dan sudah mencapai ketercapaian kelas yang ditentukan yaitu sebesar  75% dengan kriteria banyak dan keterangan tercapai. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa melalui permainan domino angka dapat meningkatkan pemahaman konsep bilangan anak.