SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGEMBANGAN VARIASI LATIHAN PLYOMETRICBERBASIS BUKU PANDUAN BERGAMBAR UNTUK MENINGKATKAN POWER OTOT TUNGKAITIM FUTSAL SMKN 6 MALANG

ARIF BUDIWIBOWO

Abstrak


Penelitian ini dilatar belakangi dari varisasi latihan yang ada di tim futsal SMKN 6 Malang lebih di prioritaskan ke latihan teknik. Hasil tersebut didukung dengan adanya data dari angket analisis kebutuhan yang telah didapat oleh peneliti.

(1) 86,67% siswa menyatakan senang dengan adanya latihan futsal di sekolah,

(2) 66,67% siswa menyatakan jika jenis latihan yang dominan dilakukan adalah latihan teknik,

(3) 93,3% siswa menyatakan jika latihan kondisi fisik itu penting,

(4) 93,3% siswa menyatakan setuju jika untuk meningkatkan power otot tungkai dengan menggunakan metode latihan plyometric,

(5) 80% siswa menyatakan jika materi latihan tentang meningkatkan power otot tungkai dikemas dalam buku panduan.Tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah mengembangkan variasi latihan plyometric untuk meningkatkan power otot tungkai tim futsal SMKN 6 Malang.

Metode penelitian ini menggunakan penelitian dan pengembangan (R & D) Borg & Gall. Prosedur dari penelitian ini yaitu

(1) melakukan analisis kebutuhan,

(2) pembuatan produk awal,

(3) evaluasi ahli,

(4) uji coba kelompok kecil,

(5) revisi produk,

(6) uji coba kelompok besar,

(7) produk akhir. Subjek penelitian adalah Tim Futsal SMKN 6 Malang. Instrumen yang digunakan dalam mengumpulkan data yaitu kuesioner untuk analisis kebutuhan, evaluasi ahli dan kuesioner untuk uji coba produk. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis kualitatif dan kuantitatif. Analisis kualitatif diperoleh dari data wawancara, observasi, dan kuisioner, selanjutnya data disajikan sampai tahap kesimpulan. Analisis kuantitatif diperoleh dari pengolahan data hasil dari pengisian kuesioner dengan menggunakan rumus dan analisis persentase.

Hasil dari evaluasi ahli kepelatihan diperoleh 89,6%, hasil dari ahli futsal diperoleh 94,2%, dan hasil dari ahli media diperoleh 96,4%. Sedangkan hasil dari uji coba produk yang dilakukan kepada tim futsal SMKN 6 Malang adalah sebagai berikut.

(1) hasil uji coba kelompok kecil diperoleh 91,04%, dan

(2) hasil uji coba kelompok besar diperoleh 90,84%.

Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian dan pengembangan ini adalah variasi latihan untuk meningkatkan power otot tungkai dengan metode latihan plyometric yang dikemas dalam bentuk buku panduan bergambar dapat digunakanuntuk Tim Futsal SMKN 6 Malang.