SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Financial Distress Dan Audit Tenure Terhadap Pemberian Opini Audit Going Concern

KARDITASARI RISKA PUTRI DWI

Abstrak


ABSTRAK

Karditasari, Riska Putri Dwi. 2018. Pengaruh Financial Distress Dan Audit Tenure Terhadap Pemberian Opini Audit Going Concerni. Skripsi, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Satia Nur Maharani, S.E., M.Si., Ak.

Kata Kunci: agency teori, financial distress, audit tenure, opini audit going concern.

Teori agensi menjelaskan tentang hubungan kontraktual antara principal (pemilik modal) dengan agent (manajemen). Untuk menghindari asimetri informasi antara principal dan agent diperlukan pihak ketiga yang indenpenden yaitu auditor.  Auditor bertanggung jawab dalam memberikan opini atas kewajaran laporan keuangan perusahaan serta mengungkap permasalahan going concern perusahaan apabila auditor meragukan kemampuan perusahaan dalam mempertahankan kelangsungan hidupnya.

Asumsi going concern adalah asumsi dasar yang dipakai dalam menyusun laporan keuangan. Asumsi ini mengharuskan perusahaan secara operasional memiliki kemampuan untuk mempertahankan kelangsungan hidupnya (going concern). Pemberian opini audit going concern dapat dipengaruhi oleh kondisi keuangan yang memburuk (financial distress). Pengukuran kondisi keuangan perusahaan harus dengan keberanian serta sikap yang independen. Independensi auditor akan dipertanyakan jika hubungan yang terjalin terlalu lama (audit tenure).

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh financial distress,audit tenure terhadap pemberian opini audit going concern. Sampel yang digunakan dalam penelitianini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar dalam BEI tahun 2014-2016. Financial distress dalam penelitian ini diukur dengan rasio debt to equity ratio (DER), sedangkan audit tenure diukur berdasarkan lama masa pemberian asa oleh auditor bertidak sebagai patner in charge dalam penugasan audit. Untuk variabel dependen, yaitu opini audit going concern menggunakan variabel dummy dengan melihat pemberian opini audit dalam laporan keuangan tahunan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel financial distress berpengaruh positif terhadap pemberian opini audit going concern. Sedangkan variabel audit tenure berpengaruh terhadap pemberian opini audit going concern.