SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Penerapan e –Rekon & LK, Pendidikan dan Pelatihan, serta Sanksi terhadap Kepatuhan Satuan Kerja di KPPN Malang

ARISTIA WAHYU DWI

Abstrak


ABSTRAK

Aristia, Wahyu Dwi. 2019. Pengaruh Penerapan e –Rekon & LK, Pendidikan dan Pelatihan, serta Sanksi terhadap Kepatuhan Satuan Kerja di KPPN Malang. Skripsi, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Hj. Yuli Widi Astuti, S.E., M.Si., Ak.

Kata Kunci: Rekonsiliasi, e–rekon & LK, pendidikan dan pelatihan, sanksi, satuan kerja (satker), operator, KPPN.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui secara empiris bagaimana pengaruh penerapan e-rekon & LK, pendidikan dan pelatihan, serta sanksi terhadap kepatuhan satuan kerja di wilayah kerja KPPN Malang berdasarkan prespektif Theory of Planned Behaviour. Pelaksanaan rekonsiliasi merupakan perwujudan sistem pengendalian internal dalam rangka penyusunan LKKL dan LKBUN-D. Agar dapat menghasilkan kinerja yang baik (tepat waktu) maka sumber daya satuan kerja dituntut untuk memiliki tingkat disiplin tinggi dan kompetensi ahli.

Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif eksplanatori. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner yang diberikan kepada 64 responden yang merupakan operator e–rekon & LK pada masing – masing satuan kerja di wilayah kerja KPPN Malang. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linear berganda yang didukung dengan uji t parsial dan koefisien determinasi (R2).

Setelah dilakukan penelitian, dapat disimpulkan bahwa penerapan e–rekon & LK serta pendidikan dan pelatihan berpengaruh positif signifikan terhadap kepatuhan satuan kerja di wilayah kerja KPPN Malang. Akan tetapi sanksi tidak berpengaruh terhadap kepatuhan satuan kerja di wilayah kerja KPPN Malang. Hal ini dapat menjadi peluang penelitian selanjutnya untuk mengkaji lebih dalam dengan menggunakan dasar teori dan metode penelitian yang berbeda, serta menambahkan variabel lain yang belum digunakan.