SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Pendidikan Etika Bisnis, Machiavellian Dan Love Of Money Terhadap Persepsi Etis Mahasiswa Akuntansi (Studi pada Mahasiswa Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang)

KAMARIYAH NINING

Abstrak


ABSTRAK

Kamariyah, Nining 2019. Pengaruh Pendidikan Etika Bisnis, Machiavellian Dan Love Of Money Terhadap Persepsi Etis Mahasiswa Akuntansi (Studi pada Mahasiswa Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang). Skripsi, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Dodik Juliardi S.E., M.M., Ak.

Kata Kunci: Pendidikan Etika Bisnis, Machiavellian, Love of Money, Persepsi Etis, Mahasiswa Akuntansi.

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh pendidikan etika bisnis, Machiavellian dan love of money terhadap persepsi etis mahasiswa akuntansi. Adanya konflik kepentingan mengakibatkan profesi akuntan kerap kali menghadapi permasalahan yang berkaitan dengan etika pada saat memberikan jasanya. Untuk itu, penelitian ini akan memberikan perhatian terkait hal-hal yang mempengaruhi persepsi etis mahasiswa akuntansi menghadapi beberapa permasalahan etika yang akan di hadapi di dunia kerja kelak.

Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian kuantitatif dan teknik pengumpulan data menggunakan metode kuisioner. Sampel penelitian ini yaitu 254 Mahasiswa Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang dengan teknik sampel menggunakan simple random sampling. Sebelum diadakan pengujian pada obyek, terlebih dahulu dilakukan uji pilot pada instrumen.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan etika bisnis dan profesi tidak berpengaruh terhadap persepsi etis mahasiswa akuntansi, karena karakter mahasiswa serta sudah diberikannya pelajaran etika di setiap matakuliah lain akan mempengaruhi persepsi etisnya. Sedangkan, variabel Machiavellian dan love of money berpengaruh negatif terhadap persepsi etis mahasiswa akuntansi. Dengan adanya hasil penelitian ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran mahasiswa akuntansi untuk terus memperbaiki diri agar menjadi mahasiswa yang berperilaku etis.

 

ABSTRACT

Kamariyah, Nining 2019.The Effects of Business EthicsEducation, Machiavellian and Love of Money on Ethical Perceptions of Accounting College Students (A Study in Accounting College Students at the Faculty of Economics, UniversitasNegeriMalang).Sarjana’s Thesis, Department of Accounting, Faculty of Economics,UniversitasNegeri Malang. Advisor Dr. DodikJuliardi S.E., M.M., Ak.

Keywords: Business Ethics Education, Machiavellian, Love of Money, Ethical Perception, Accounting College Students.

This study aims to examine the effect of business ethics education, machiavellian, and love of money on the ethical perceptions of accounting college students. Conflict of interest make accounting profession often facing problems related to ethics when giving his services. For that reason, this study will give attention to factors that affecting the ethical perceptions of accounting students facing some ethical issues that will be faced later.

This study used a quantitative research design and data collection techniques using the questionnaire method. The sample of this study was 254 accounting college students of the Faculty of Economics, UniversitasNegeri Malang with a sample technique using simple random sampling. Before testing on an object, a pilot test on the instrument is first carried out.

The results showed that business ethics and professional education did not affect the ethical perceptions of accounting students, because the character of the students and the ethical lessons given in each of the other subjects would influence their ethical perceptions. Meanwhile, machiavellian and love of money variables have a negative effect on the ethical perceptions of accounting accounting students. The results of this study are expected to increase the awareness of accounting students to continue to improve themselves to become students who behave ethically.