SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGARUH ECONOMIC VALUE ADDED (EVA). MARKET VALUE ADDED (MVA) DAN ARUS KAS OPERASI TERHADAP RETURN SAHAM PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG LISTING DI BEI

RIA WAHYUNING BUDIASRI

Abstrak


ABSTRAK

 

Budiasri, Ria Wahyuning. 2010. Pengaruh Economic Value Added (EVA), Market Value Added (MVA) dan Arus Kas Operasi Terhadap Return Saham pada Perusahaaan Manufaktur yang Listing di BEI. Skripsi, Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) DR. Dyah Aju Wardhani, S.E, M.Si, Ak (2) Drs. H. Sumadi, S.E, M.M.

 

Kata Kunci: economic value added, market value added, arus kas operasi dan return saham.

 

Economic Value Added (EVA) merupakan analisis kinerja keuangan yang mengukur kemampuan perusahaan untuk menghasilkan nilai tambah bagi investor dengan cara membebankan pada biaya modal yang timbul sebagai akibat investasi yang dilakukan. Market value Added (MVA) merupakan selisih antara nilai pasar dan modal yang diinvestasikan investor. Arus kas operasi merupakan salah satu sumber informasi yang dapat digunakan untuk mengambil keputusan terutama dalam berinvestasi. Return saham merupakan selisih penurunan capital (capital loss) selama periode tertentu. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskripsi korelasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh EVA, MVA, arus kas operasi terhadap return saham secara parsial. Dan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh EVA, MVA, arus kas operasi terhadap return saham secara bersama-sama pada perusahaan manufaktur yang listing di BEI.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial terdapat pengaruh yang signifikan variabel EVA tehadap return saham. Tidak ada pengaruh yang signifikan variabel MVA terhadap return saham. Selanjutnya terdapat pengaruh yang signifikan variabel arus kas operasi terhadap return saham. Sedangkan secara simultan variabel EVA, MVA dan arus kas operasi berpengaruh signifikan terhadap return saham dari perusahaan manufaktur yang listing di BEI.

Berdasarkan penelitian ini maka disarankan dalam penelitian lebih lanjut untuk menambah variabel bebas yang lain yang dapat diindikasikan berpengaruh terhadap return saham dan meneliti jenis perusahaan lain. Bagi investor penelitian ini dapat di jadikan gambaran tentang pengaruh EVA, MVA dan arus kas operasi terhadap return saham sehingga dapat mengambil keputusan yang tepat dalam melakukan investasinya.