SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Faktor-faktor yang Mempengaruhi Minat Mahasiswa Jurusan Akuntansi dalam Pemilihan Karir sebagai Akuntan Publik di Kota Malang

SARI NUGRAHANING GUSTI

Abstrak


Keywords: karir, minat pemilihan karir, akuntan publik, nilai-nilai sosial, penghargaan finansial, pelatihan profesional, pertimbangan pasar kerja, pengaruh orang tua.

Rendahnya minat mahasiswa akuntansi dalam memilih karir sebagai akuntan publik dapat dilihat dari jumlah akuntan publik di Indonesia masih rendah jika dibandingkan dengan negara-negara ASEAN lainnya. Pilihan karir bagi lulusan akuntansi tidak tertuju pada profesi akuntan saja, melaikan tergantung dari beberapa faktor yang melatarbelakakingnya. Nilai-nilai sosial, penghargaan finansial, pelatihan profesional, pertimbangan pasar kerja dan pengaruh orang tua diduga sebagai faktor yang mempengaruhi minat mahasiswa dalam pemilihan karirnya sebagai akuntan publik.

Penelitian ini bertujuan untuk menguji bukti empiris pengaruh dari beberapa faktor yang mempengaruhi minat mahasiswa jurusan akuntansi dalam pemilihan karir sebagai akuntan publik di kota Malang. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa jurusan akuntansi angkatan 2015 di Universitas yang terakreditasi “A” di kota Malang. Jumlah sampel ditentukan berdasarkan rumus Slovin. Sampel berjumlah 356 responden, dimana sudah melebihi batas minimal dari rumus slovin guna untuk menghasilkan penelitian yang lebih baik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh dari penyebaran kuesioner kepada responden yang telah ditentukan. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data regresi linear berganda dengan SPSS versi 19.

Berdasarkan hasil analisis regresi linear berganda, penelitian ini menemuka bukti bahwa

(1) Nilai-nilai sosial berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat karir mahasiswa sebagai akuntan publik.

(2) Penghargaan finansial berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat karir mahasiswa sebagai akuntan publik.

(3) Pelatihan profesional berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat karir mahasiswa sebagai akuntan publik.

(4) Pertimbangan pasar kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat karir mahasiswa sebagai akuntan publik.

(5) Pengaruh orang tua berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat karir mahasiswa sebagai akuntan publik. Dari hasil diatas, faktor-faktor tersebut dipertimbangkan oleh mahasiswa dalam pemilihan karir sebagai akuntan publik.