SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Debt To Equity Ratiodan Firm Size terhadap Dividend Payout Ratio pada Perusahaan Indeks IDX High Dividend 20 Tahun 2015-2017

ANWAR SAIFUL

Abstrak


ABSTRAK

Anwar, Saiful. 2019. Pengaruh Debt To Equity Ratio dan Firm Size terhadap Dividend Payout Ratio pada Perusahaan Indeks IDX High Dividend 20 Tahun 2015-2017. Skripsi, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing Prof. Dr. Bambang Sugeng, S.E., M.A., M.M., Ak.

Kata Kunci: Debt to Equity Ratio, Firm Size, Dividend Payout Ratio, High Dividend

Investor yang menanamkan modalnya tentu mengharapkan keuntungan investasi berupa dividen dan capital gain. Pembagian dividen yang dilakukan secara rutin dalam jumlah yang besar tentunya menarik minat investor. Namun, pada dasarnya pembagian dividen merupakan hal yang penuh ketidakpastian. Banyak faktor yang dapat mempengaruhi pembagian dividen. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Debt to Equity Ratio, dan Firm Size  terhadap Dividend Payout Ratio pada perusahaan High Dividend.

Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian kuantitatif. Data yang digunakan merupakan data sekunder dan metode yang digunakan yaitu analisis regresi data panel dengan bantuan program Eviews 8 untuk memperoleh gambaran yang menyeluruh mengenai hubungan antara variabel independen dan variabel dependen. Sampel dalam penelitian ini  terdiri dari 20 perusahaan yang terdaftar pada Indeks IDX High Dividend 20 pada periode 2015-2017 dengan full sampling sebagai metode pengambilan sampel.

Hasil penelitian ini adalah bahwa variabel Firm Size memiliki pengaruh negatif signifikan terhadap Dividend Payout Ratio secara parsial pada level of significance kurang dari 5%. Sedangkan DER tidak memiliki pengaruh yang signifikan secara parsial. Kemampuan prediksi dari ketiga variabel tersebut terhadap Dividend Payout Ratio sebesar 29,90% sedangkan sisanya 70,10% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dimasukkan ke dalam model penelitian.