SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Prestasi Belajar Kejuruan dan Prestasi Praktik Kerja Industri terhadap Kesiapan Kerja Siswa Kelas XII Program Keahlian Akuntansi SMK Negeri 1 Pasuruan

Diah Gumelar Andayani

Abstrak


Andayani, Diah Gumelar. 2010. Pengaruh Prestasi Belajar Kejuruan dan
Prestasi Praktik Kerja Industri Terhadap Kesiapan Kerja Siswa Kelas XII
Program Keahlian Akuntansi SMK Negeri 1 Pasuruan. Skripsi, Jurusan
Akuntansi, Program Studi Pendidikan Akuntansi, Fakultas Ekonomi
Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Makaryanawati, SE, M.Si, Ak
(II) Dr. Sunaryanto , M.Ed
Kata kunci: Prestasi Belajar Kejuruan, Prestasi Praktik Kerja Industri, Kesiapan
Kerja Siswa.
Prestasi belajar kejuruan adalah usaha kegiatan belajar yang dinyatakan
dalam bentuk angka yang terdapat pada raport siswa yang terdiri dari kompetensi-
kompetensi kejuruan yang harus dikuasai siswa yang mencakup ranah kognitif,
afektif dan psikomotorik. Prestasi praktik kerja industri adalah hasil praktik siswa
yang mencerminkan kemampuan dan keterampilan siswa dalam praktik bekerja di
dunia industri yang dinyatakan dalam bentuk nilai praktik kerja industri yang
diberikan oleh guru praktik atau industri yang bersangkutan. Prestasi belajar
kejuruan dan prestasi praktik kerja industri merupakan faktor yang berpengaruh
dalam peningkatan kesiapan kerja siswa.
Penelitian ini adalah penelitian populasi, dimana populasinya adalah siswa
kelas XII Program Keahlian Akuntansi SMK Negeri 1 Pasuruan yang berjumlah 98
responden. Dalam penelitian ini yang menjadi variabel bebas adalah prestasi belajar
kejuruan (X1) dan prestasi praktik kerja industri (X2), sedangkan variabel terikat (Y)
adalah kesiapan kerja siswa. Penelitian ini termasuk penelitian eksplanasi
(explanatory research) yaitu untuk menguji pengaruh antar variabel yang
dihipotesiskan. Instrumen yang digunakan berupa kuesioner (angket) tentang
kesiapan kerja siswa dan dokumentasi tentang prestasi belajar kejuruan dan prestasi
prakik kerja industri.
Berdasarkan hasil uji F (simultan), hasil penelitian ini menunjukkan bahwa
ada pengaruh yang signifikan antara prestasi belajar kejuruan dan prestasi praktik
kerja industri terhadap kesiapan kerja siswa. Hasil uji t (parsial) menunjukkan
bahwa prestasi belajar kejuruan dan prestasi praktik kerja industri berpengaruh
positif signifikan terhadap kesiapan kerja siswa.
Nilai Adjusted R Square sebesar 51,1% menunjukkan bahwa variabel
prestasi belajar kejuruan dan prestasi praktik kerja industri mampu menjelaskan
variabel kesiapan kerja siswa sebesar 51,1%. Sisanya sebesar 48,9% dijelaskan
oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam model. Variabel lain tersebut
misalnya kecakapan hidup yaitu kecakapan personal, kecakapan sosial, kecakapan
intelektual, dan kecakapan vokasional.
Saran bagi kepala sekolah hendaknya dapat menentukan kebijakan yang
berguna untuk peningkatan prestasi belajar kejuruan dan prestasi praktik kerja
industri siswa sehingga dapat meningkatkan kesiapan kerja siswa dan bagi siswa
diharapkan sebisa mungkin selalu meningkatkan prestasi belajar kejuruan dan
prestasi praktik kerja industri karena kedua faktor tersebut merupakan faktor yang
penting untuk meningkatkan kesiapan siswa SMK dalam bekerja.