SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Locus of Control dan Komitmen Organisasi Terhadap Kinerja Internal Auditor Pemerintah Daerah (Studi Pada Kantor Inspektorat Daerah Mojokerto)

UMI UMA'IDAH

Abstrak


Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh locus of control dan komitmen organisasi terhadap kinerja internal auditor di Kantor Inspektorat Daerah Mojokerto. Locus of control adalah salah satu aspek kepribadian yang ada pada setiap individu. Sementara itu komitmen organisasi merupakan suatu konsistensi sebagai hasil dari bentuk keterkaitan individu terhadap organisasi yang ditandai dengan adanya suatu dorongan untuk bekerja lebih baik. Konsep dari variabel locus of control dan komitmen organisasi serupa dengan konsep teori atribusi yang menjelaskan mengenai faktor yang menjadi penyebab perilaku seseorang, baik yang berasal dari faktor internal seperti usaha dan kemampuan ataupun faktor eksternal sepeti takdir dan keberuntungan.

Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh auditor di 2 Kantor Inspektorat Daerah Mojokerto. Teknik sampling yang digunakan adalah teknik purposive sampling dengan menggunakan kriteria tertentu, yaitu internal auditor dengan masa kerja minimal 6 bulan. Dalam penelitian ini desain penelitian yang digunakan adalah  metode survei dengan menyebarkan kuesioner. Teknik analisis data menggunakan uji statistik deskriptif, uji asumsi klasik yang meliputi uji normalitas, uji heteroskedastisitas dan uji multikolinearitas. Untuk uji hipotesis dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linear berganda, uji t dan uji koefisien determinasi (R2).

Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif antara internal locus of control terhadap kinerja internal auditor, sehingga semakin tinggi internal locus of control yang dimiliki oleh internal auditor akan memberikan dampak pada meningkatnya kinerja sebagai seorang internal auditor dan juga sebaliknya. Sementara itu, komitmen organisasi tidak memiliki pengaruh terhadap kinerja internal auditor, hal ini dapat bermakna bahwa ada atau tidaknya komitmen organisasi tidak akan memberikan pengaruh terhadap kinerja internal auditor.