SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Strategi Sosialisasi Pasar Modal dan Pengaruhnya terhadap Keputusan Mahasiswa Berinvestasi (Studi Kasus pada Mahasiswa Jurusan Akuntansi di Beberapa Universitas di Malang)

DWI AGUSNINGTYAS DEFI

Abstrak


ABSTRAK

Dwi, Agusningtyas Defi. 2019. Strategi Sosialisasi Pasar Modal dan Pengaruhnya terhadap Keputusan Mahasiswa Berinvestasi (Studi Kasus pada Mahasiswa Jurusan Akuntansi di Beberapa Universitas di Malang). Skripsi, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Bety Nur Achadiyah S.Pd., M.Sc.

Kata Kunci: Strategi Sosialisasi, Pasar Modal, Keputusan Investasi.

Saat ini perkembangan pasar modal di Indonesia menjadi salah satu alternatif berinvestasi masyarakat yang dinilai cukup pesat. Dalam rangka memajukan perekonomian negara khususnya melalui pasar modal langkah awal yang dilakukan yaitu menanamkan pengetahuan yang cukup tentang pentingnya investasi untuk kehidupan masa mendatang. Namun saat ini masih banyak kendala yang harus dihadapi dalam berinvestasi terutama bagi para investor pemula jika mereka tidak memahami dengan benar tata cara berinvestasi atau resiko apa yang akan dihadapi bagi investor. Untuk itu, penelitian ini dilakukan untuk menguji bagaimana pengaruh strategi sosialisasi yang dilakukan oleh BEI terhadap keputusan mahasiswa jurusan akuntansi dalam berinvestasi.

Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian kuantitatif dan teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner. Populasi dalam penelitian ini yaitu mahasiswa jurusan akuntansi di beberapa universitas di Kota Malang yang telah menempuh mata kuliah teori portofolio dan sedang berada pada semester tujuh. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan rumus slovin. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis regresi berganda.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi sosialisasi melalui seminar pasar modal, kampanye “Yuk Nabung Saham”, sekolah pasar modal dan permainan stocklab masing-masing berpengaruh positif terhadap keputusan mahasiswa berinvestasi. Dengan adanya hasil ini, diharapkan dapat mendorong mahasiswa untuk memutuskan berinvestasi sehingga meningkatkan jumlah investor Indonesia.