SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Persepsi Siswa tentang Kinerja Guru Akuntansi dan Fasilitas Sekolah terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas XI IPS di SMAN I Loceret Nganjuk

Rina Wati

Abstrak


ABSTRAK
 
Wati, Rina. 2010. Pengaruh Persepsi Siswa tentang Kinerja Guru Akuntansi dan
Fasilitas Sekolah terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas XI IPS di SMA Negeri I
Loceret Nganjuk. Skripsi, Jurusan Pendidikan Akuntansi FE Universitas Negeri
Malang. Pembimbing: (I) Triadi Agung S., S.E., M.Si., Ak., (II)Sriyani Mentari,
S.Pd., M.M.
 
Kata kunci : persepsi siswa, kinerja guru, fasilitas sekolah, prestasi belajar.
 
  Pendidikan dalam suatu negara merupakan suatu usaha untuk meningkatkan
kualitas sumber daya manusianya. Pada dasarnya yang mempengaruhi keberhasilan
pendidikan, antara lain: guru, siswa, sarana dan prasarana, lingkungan pendidikan,
kurikulum. Dari beberapa faktor tersebut, guru dalam proses pembelajaran di sekolah
menempati kedudukan yang tidak kalah penting dengan tidak mengabaikan faktor
penunjang yang lain. Proses pembelajaran akan berlangsung dengan baik apabila
didukung oleh guru yang mempunyai kompetensi dan kinerja tinggi. Selain kinerja
guru, fasilitas sekolah yang meliputi sarana dan prasarana merupakan salah satu faktor
penentu mutu pendidikan dalam suatu negara. Ketersediaan fasilitas yang mencukupi,
maka siswa dapat lebih mudah dan lancar dalam mengikuti kegiatan pembelajaran di
sekolah yang pada akhirnya akan berpengaruh terhadap hasil belajar itu sendiri.
Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh persepsi siswa tentang kinerja guru dan
fasilitas sekolah terhadap prestasi belajar siswa.
  Kinerja guru dan fasilitas sekolah yang diteliti menggunakan persepsi siswa,
untuk mengetahui cara pandang siswa tentang kinerja gurunya dan fasilitas yang
disediakan sekolah dalam kegiatan pembelajaran.
  Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri I Loceret Nganjuk, tanggal 1 Februari -
3 Maret 2010. Penelitian ini merupakan penelitian eksplanasi. Responden dalam
penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS SMA Negeri I Loceret. Analisis yang
digunakan adalah analisis deskriptif dan inferensial. Analisis inferensial yang digunakan
adalah regresi berganda, yang dihitung dengan menggunakan bantuan SPSS for
windows. 
  Berdasarkan analisis statistik deskriptif diketahui bahwa persepsi siswa tentang
kinerja guru akuntansi adalah baik, dan persepsi siswa tentang fasilitas sekolah adalah
cukup baik. Berdasarkan analisis regresi berganda, ditemukan bahwa uji F menunjukkan
nilai F = 53,405. Kesimpulannya persepsi siswa tentang kinerja guru dan fasilitas
sekolah berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa kelas XI IPS SMAN I Loceret.
Selain itu, diperoleh nilai R2
 = 0,524 atau 52,4% merupakan kontribusi dari persepsi
siswa tentang kinerja guru akuntansi dan fasilitas sekolah terhadap prestasi belajar siswa
kelas XI IPS SMAN I Loceret.
  Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disarankan sebaiknya dilakukan
penelitian yang serupa dengan sub-variabel yang digunakan sebagai indikator variabel
persepsi siswa tentang kinerja guru menggunakan referensi yang terbaru.