SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PengaruhPenguasaanSoft SkilldanKeterampilanDasarMengajarterhadapKesiapanMengajarMahasiswaPendidikanAkuntansipada KPL yang DimoderasiSelf Efficacy

MARDIANI TRI

Abstrak


ABSTRAK

Mardiani, Tri. 2019. Pengaruh Penguasaan Soft Skill dan Keterampilan Dasar Mengajar terhadap Kesiapan Mengajar Mahasiswa Pendidikan Akuntansi pada KPL yang Dimoderasi Self Efficacy. Skripsi, Progam Studi S1 Pendidikan Akuntansi, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang.Pembimbing: Bapak Dr. H. Tuhardjo, SE.,M.Si., Ak.

Kata Kunci :Soft Skill,Keterampilan Dasar Mengajar, Kesiapan Mengajar,Self Efficacy

Mahasiswa calon guru sebelum terjun kelapangan harus memiliki kesiapan mengajar yang matang. Kajian Praktik Lapangan (KPL) diharapkan dapat memberikan wawasan dan pengalaman tentang pembelajaran riil bagi mahasiswa terutama dalam pengalaman mengajar dan melatih kompetensi yang memadai sesuai keahliannya, meningkatkan keterampilan mengajarnya, kemandirian, tanggung jawab, dan kemampuan memecahkan masalah. Kesiapan mengajar dipengaruhi oleh faktor internal yang berasal dari dalam diri individu dan faktor eksternal atau faktor dari luar individu. Faktor internal yang dapat mempengaruhi kesiapan mengajar diantaranya adalah penguasaan soft skill, keterampilan dasar mengajar, dan self efficacy yang dimiliki mahasiswa.

Penelitian ini merupakan penelitian yang menggunakan pendekatan kuantitatif yang berjenis penelitian ex post facto. Jumlah populasi sebanyak 143 mahasiswa. Pengambilan sampel menggunakan simple random sampling dengan rumus Taro Yamane dan diperoleh sampel 104 mahasiswa. Metode pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah Uji Asumsi Klasik, Uji T dan Uji MRA (Moderated Regression Analysis).

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pertama, penguasaan soft skill berpengaruh positif dan signifikan terhadap kesiapan mengajar sebesar 24,6% dan tingkat signifikansinya 0,000 < 0,05. Kedua, keterampilan dasar mengajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap kesiapan mengajar sebesar 13,3% dan tingkat signifikansinya 0,000 < 0,05. Ketiga, self efficacy dapat memperkuat hubungan antara penguasaan soft skill terhadap kesiapan mengajar sebesar 30,5% dan tingkat signifikansinya 0,055 < 0,10. Keempat, self efficacy dapat memperkuat hubungan antara keterampilan dasar mengajar terhadap kesiapan mengajar sebesar 29,6% dan taraf signifikansinya 0, 000 < 0,05.

Berdasarkan hasil penelitian dapat ditarik kesimpulan bahwa penguasaan soft skill dan keterampilan dasar mengajar mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap kesiapan mengajar. Hal ini menunjukkan bahwa penguasaan soft skill dapat membantu meningkatkan kesiapan mengajar mahasiswa pendidikan akuntansi pada KPL dan semakin tinggi keterampilan dasar mengajar maka semakin tinggi pula kesiapan mengajar mahasiswa pendidikan akuntansi pada KPL. Sedangkan self efficacy mampu memoderasi hubungan antara penguasaan soft skill dan keterampilan dasar mengajar terhadap kesiapan mengajar. Sehingga mahasiswa yang memiliki self efficacy, penguasaan soft skill dan keterampilan dasar mengajar yang tinggiakan membantu meningkatkan kesiapan mengajarnya.

Saran peneliti:

(1) Bagi Mahasiswa yaitu harus ada kemauan untuk meningkatkan soft skill, keterampilan dasar mengajar, dan self efficacy agar memiliki kesiapan mengajar saat pelaksanaan KPL menjadi semakin baik lagi

(2) Bagi Dosen, pada saat pembimbingan KPL disekolah untuk berupaya lebih meningkatkan penguasaan soft skill, keterampilan dasar mengajar, dan self efficacy pada diri mahasiswa agar kesiapan mengajar mahasiswa semakin baik,

 

(3) Bagi Peneliti selanjutnya diharapkan dapat menambah dan memperbaiki pernyataan-pernyataan yang ada dalam penelitian ini.