SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengelolaan Dana Desa Dalam Sudut PAndang Dalihan Na Tolu (Studi Pada Pengelolaan Dana Desa Ulumahuam)

Wijanarko Dwi Darma

Abstrak


ABSTRAK

Wijanarko, Dwi Darma. 2018. Pengelolaan Dana Desa dalam Sudut Pandang Dalihan Na Tolu.  Skripsi, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. Puji Handayati, S.E., M.M., AK., CA., CMA., CIBA.

Kata Kunci: Pengelolaan Dana Desa, Dalihan Na Tolu, Good Governance

Pengelolaan Dana Desa merupakan serangkaian kegiatan yang bertujuan untuk mengoptimalkan kesejahteraan masyarakat desa. Pengelolaan Dana Desa dipandang penting karena merupakan dana yang langsung berhubungan dengan masyarakat pada tingkat desa. Pengelolaan Dana Desa dapat dari satu daerah dengan daerah lainnya. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui seberapa jauh pengelolaan yang berbeda-beda tersebut sesuai dengan peraturan-peraturan yang dibuat oleh pemerintah.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengelolaan Dana Desa dalam sudut pandang dalihan na tolu. Dalihan na tolu merupakan prinsip kekerabatan dalam masyarakat Batak. Dalam penelitian ini, dilakukan analisis dan pengamatan budaya, kemudian dibandingkan dengan teori Good Governance dan Asas Pengelolaan Dana Desa sebagai verifikator atas prinsip budaya tersebut.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan studi etnografi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui

(1) konsep Dalihan Na tolu,

(2) komparasi dalihan na tolu dengan good governance.

(3) pengelolaan dana desa,

(4) pengelolaan dana desa dalam sudut pandang budaya. Penelitian dilakukan di Labuhan Batu Selatan dengan Desa Ulumahuam sebagai objek penelitian. Data diperoleh dari hasil wawancara kepada tokoh masyarakat, pemerintah desa, dan masyarakat.

 

Hasil penlitian menunjukkan bahwa pengelolaan dana desa sudah dilakukan sesuai dengan peraturan yang berlaku. Mengenai prinsip dalihan na tolu, tidak semua proses pengelolaan dana desa mencerminkan prinsip tersebut. Prinsip dalihan na tolu tercermin pada proses perencanaan, pelaksanaan, dan pelaporan. Hanya pada proses penatausahaan yang tidak mencerminkan prinsip tersebut dalam pengelolaannya. Pengelolaan dana desa dimaknai sebagai upaya untuk menyejahterahkan masyarakat melalui partisipasi langsung masyarakat.