SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PERAN KOMITMEN ORGANISASI DALAM MEMODERASI PENGARUH PARTISIPASI ANGGARAN DAN KETERLIBATAN KERJA TERHADAP SENJANGAN ANGGARAN DI PERGURUAN TINGGI

PUJAWATI LARAS

Abstrak


ABSTRAK

Pujawati, Laras. 2019. Peran Komitmen Organisasi dalam Memoderasi Pengaruh Partisipasi Anggaran dan Keterlibatan Kerja terhadap Senjangan Anggaran di Perguruan Tinggi. Skripsi, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. Sri Pujiningsih, S.E., M.Si., Ak.

Kata Kunci: partisipasi anggaran, keterlibatan kerja, komitmen organisasi, senjangan anggaran

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh partisipasi anggaran dan keterlibatan kerja terhadap senjangan anggaran, serta menguji peran komitmen organisasi dalam memperlemah pengaruh partisipasi anggaran dan keterlibatan kerja terhadap senjangan anggaran. Responden dalam penelitian ini yaitu para pejabat Universitas Negeri Malang yang telah terlibat secara langsung dalam proses penyusunan anggaran sebanyak 75 orang. Data diambil melalui kuesioner dengan skala likert 1-5 dan pengujian yang dilakukan yaitu regresi sederhana, berganda, serta MRA (Moderated Regression Analysis).

Hasil penelitian menunjukkan bahwa H1 diterima yaitu partisipasi anggaran berpengaruh positif terhadap senjangan anggaran, dan H2 diterima yaitu keterlibatan kerja berpengaruh positif terhadap senjangan anggaran. Namun dalam penelitian ini H3 dan H4 ditolak dikarenakan arah yang berbeda yaitu komitmen organisasi memperkuat pengaruh partisipasi anggaran terhadap senjangan anggaran, serta komitmen organisasi memperkuat pengaruh keterlibatan kerja terhadap senjangan anggaran. Hasil pengujian juga menunjukkan bahwa komitmen organisasi merupakan variabel moderasi murni yang hanya dapat digunakan sebagai variabel moderator dan tidak dapat digunakan sebagai variabel bebas. Hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai evaluasi agar pihak Universitas Negeri Malang atau pihak perguruan tinggi lainnya mempertimbangkan upaya tertentu untuk mencegah ataupun mengurangi terjadinya senjangan anggaran dalam praktik partisipasi anggaran dan keterlibatan kerja.